Comscore Tracker

Kemenkes: Penularan Virus Corona Antar Manusia Hanya di Tiongkok

Belum ada pasien positif virus corona di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menjelaskan, penularan virus corona dari manusia ke manusia hanya terbukti terjadi di Tiongkok. Untuk negara lainnya, lanjut Achmad, penularan virus corona antara manusia belum terjadi dan belum ada bukti.

"Penularan orang ke orang hanya ditemukan di China, di luar China enggak diyakini," ujar Achmad kepada wartawan, di kantor Kemenkes, Jakarta, Jumat (24/1).

Baca Juga: Wabah Virus Corona, Maskapai Indonesia Dilarang Terbang Menuju Wuhan

1. Penularan virus corona antara manusia tidak terjadi di luar Tiongkok

Kemenkes: Penularan Virus Corona Antar Manusia Hanya di TiongkokSituasi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok pada 24 Januari 2020. Foto diambil oleh Rio Alfi, mahasiswa Indonesia yang bersekolah di Wuhan, Tiongkok. IDN Times/Istimewa

Achmad memberikan contoh, kasus penularan virus corona antar manusia tidak terjadi di negara lain selain Tiongkok. Misalnya di Vietnam, Jepang, Amerika, Singapura, dan Thailand tidak ada riwayat penularan antar manusia seperti di Wuhan, Tiongkok.

"Semuanya punya riwayat ke Wuhan tetapi yang di Vietnam, Singapur gak tertular dari orang ke orang, tidak ada buktinya," ujar dia.

2. Penularan virus corona antar manusia kemungkinan tidak terjadi di luar Tiongkok karena sudah waspada

Kemenkes: Penularan Virus Corona Antar Manusia Hanya di TiongkokSeorang staf menggunakan masker saat mengamati pemindai panas yang mendeteksi suhu tubuh penumpang di pemeriksaan keamanan Stasiun Kereta Hankou di Wuhan, Provinsi Hubei,Tiongkok, pada 21 Januari 2020. (ANTARA FOTO/China Daily via REUTERS)

Achmad mengatakan, hal itu dapat terjadi di Wuhan karena belum ada waspada saat penyebaran virus corona. Sedangkan, untuk negara lain yang telah mendengar informasi virus corona, langsung waspada terhadap penularan virus tersebut.

"Di Singapur juga tidak terbukti melalui orang lain. Apakah disebabkan karena kita sudah menjadi waspada, sehingga kemudian, oh ini bukan seasonal flu, bukan flu biasa nih. Apalagi sudah di-declare dari Wuhan," ujar Achmad.

3. Belum ada pasien positif virus corona di Indonesia

Kemenkes: Penularan Virus Corona Antar Manusia Hanya di TiongkokGrafik Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Achmad juga memastikan belum ada pasien positif virus corona di Indonesia.

"Yang pasti hingga hari ini dari hasil pemeriksaan laboratorium kita dengan jejaringnya, kita tidak menemukan virus itu di Indonesia sama sekali," ujar Achmad.

Baca Juga: Wuhan Ditutup, Virus Corona Tewaskan 26 Orang di Tiongkok

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya