Kemensos Targetkan Bansos Beras Tahap III Capai 100 Persen di Oktober

Penyaluran BSB di Jawa Barat baru terealisasi 70 persen

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) mempercepat penyaluran Bantuan Sosial Beras (BSB) tahap III agar mencapai target realisasi 100 persen pada Oktober 2020. 

Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Edi Suharto, mengecek Gudang Bulog Gedebage Bandung. 

"Hal ini dilakukan untuk melihat langsung stok BSB yang akan segera disalurkan pada tahap III kepada KPM PKH di Wilayah Jawa Barat," katanya seperti dikutip dari ANTARA, Senin (19/10/2020).

1. Penyaluran BSB di Jawa Barat baru terealisasi 70 persen

Kemensos Targetkan Bansos Beras Tahap III Capai 100 Persen di OktoberMensos Juliari P Batubara pantau penyaluran bansos di Surabaya (Dok. Kemensos)

Sepanjang Agustus hingga Oktober, penyaluran BSB di wilayah Jawa Barat baru terealisasi 70 persen. Penyaluran bansos dilakukan oleh transporter PT Bhanda Ghara Reksa bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pendamping PKH dan aparat setempat dalam proses penyaluran kepada KPM PKH.

Baca Juga: Jokowi Minta Menterinya Pastikan Bansos Diterima Masyarakat Desa

2. Penyaluran BSB di lapangan berjalan secara lancar

Kemensos Targetkan Bansos Beras Tahap III Capai 100 Persen di OktoberMensos Juliari P Batubara salurkan bansos di Natuna (Dok. Kemensos)

Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH) Bandung, Nandang menjelaskan, penyaluran BSB di lapangan berjalan lancar. Masyarakat yang mendapatkan bantuan pun sangat senang dan bersyukur saat menerima BSB.

"Untuk di kabupaten Bandung jumlah KPM PKH 124.215 keluarga," ucap Nandang.

3. Edi berharap minggu depan penyaluran BSB di wilayah Jawa Barat capai 80 persen

Kemensos Targetkan Bansos Beras Tahap III Capai 100 Persen di OktoberMenteri Sosial, Juliari P. Batubara bersama Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso meluncurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) untuk menangani dampak pandemi Covid-19 di Perum Bulog Kanwil DKI Jakarta di Jakarta (02/09) (Dok. Kemensos)

Pada akhir kunjungan, Edi Suharto berdiskusi langsung dengan pihak-pihak yang terlibat dalam penyaluran BSB di Kantor Bulog Cimapokolan. Di antaranya bersama, Perum Bulog sebagai penyedia Beras, PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) sebagai Transporter, Dinas Sosial Kabupaten/kota dan para pendamping PKH.

"Saya kira penyaluran seluruh Indonesia sudah bagus, Bulog pun sudah berpengalaman, kita mencatat ada sentuhan berbeda untuk BSB jika dibandingkan dengan pemberian bantuan tunai. Semua bersyukur dan senang terutama para penerima bantuan. Mudah-mudahan minggu depan bisa mencapai 80 persen untuk wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Baca Juga: Kemensos Akui Ada Warga Mampu dapat Bansos dari Pemerintah 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya