Comscore Tracker

Komisi III DPR Segera Kirim Surat untuk Penetapan Listyo Jadi Kapolri

Komisi III sepakat Listyo Sigit Prabowo jadi kapolri

Jakarta, IDN Times - Usai menyetujui Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi kapolri, Komisi III DPR RI akan langsung mengirim surat ke pimpinan DPR agar rapat paripurna penetapan bisa segera dilaksanakan.

"Selanjutnya dilaksanakan paripurna persetujuan DPR dan dikirim ke Bapak Presiden untuk dilantik menjadi kapolri yang baru," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir seperti disiarkan langsung oleh YouTube DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Komisi III DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

1. Uji kelayakan calon kapolri merupakan formalitas yang harus dilakukan oleh DPR

Komisi III DPR Segera Kirim Surat untuk Penetapan Listyo Jadi KapolriKabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon kapolri Listyo Sigit Prabowo memang formalitas yang harus dilakukan DPR. Hal itu demi memenuhi fungsi dan tugas DPR dalam menentukan persetujuan usulan calon kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Kalau kita melihat tadi mulai dari pukul 10.00 WIB persis sampai dengan pukul 13.30 WIB, semua fraksi memberikan pertanyaan, tidak ada fraksi yang tidak memberikan pertanyaan dengan tajam, bahkan masuk halaman per halaman semua ditanyakan," tuturnya.

2. Uji kelayakan dinilai berjalan apa adanya

Komisi III DPR Segera Kirim Surat untuk Penetapan Listyo Jadi KapolriKabareskrim Polri yang juga calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) bersiap mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Oleh karena itu, Adies menegaskan bahwa uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri telah berjalan apa adanya. Selanjutnya, tinggal melihat bagaimana kinerja dari kapolri yang baru.

"Tinggal bagaimana kapolri yang baru nanti mengimplementasikan apa yang dipaparkan tentang Presisi," ujarnya.

3. Komisi III secara mufakat setujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri

Komisi III DPR Segera Kirim Surat untuk Penetapan Listyo Jadi KapolriListyo Sigit Prabowo (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Komisi III DPR RI secara mufakat menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai kapolri. Hasil tersebut sesuai dengan pertimbangan dari pandangan dan catatan fraksi-fraksi di Komisi III DPR.

"Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna DPR yang terdekat dan akan diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery dalam uji kelayalakan dan kepatutan calon Kapolri, Rabu.

Baca Juga: Di DPR, Listyo Sebut Akan Tegakan Hukum Humanis dan Berantas Pungli

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya