Kronologi Kericuhan Aksi Massa di Depan Gedung KPK 

Massa meminta kain hitam yang tutup logo KPK untuk dibuka

Jakarta, IDN Times - Saat ini tengah terjadi aksi demonstrasi dari yang mengatasnamakan diri mereka sebagai Himpunan Aktivis Millennial Indonesia dan Aliansi Mahasiswa & Pemuda Peduli KPK, Jumat (13/9).

Sekitar pukul 14.11 WIB, kedua kelompok demonstran tersebut berkumpul di depan Gedung Merah-Putih KPK. Pada awalnya kedua kelompok tersebut hanya menyuarakan tentang dukungannya terhadap revisi UU KPK dan pemimpin baru KPK. 

Sekitar pukul 14.40 WIB, demonstran mulai melakukan aksi pembakaran karangan bunga yang ada di depan gedung KPK. Aksi tersebut merupakan bentuk dari protes mereka terhadap pihak-pihak yang menentang revisi UU KPK.

Sekitar pukul 14.53, para demonstran mulai memaksa masuk ke dalam Gedung KPK. Mereka menuntut agar kain hitam yang menutupi lambang KPK dilepas. 

Sekitar pukul 14.57 WIB, kain hitam KPK yang berada di sebelah kiri gedung berhasil dilepas oleh salah satu demonstran yang memanjat pagar.

Kerusuhan sempat terjadi karena aksi tersebut. Namun awak media dibantu dengan kepolisian akhirnya bisa melerai kerusuhan yang terjadi. 

Sekitar pukul 15.00 WIB, demonstran berhasil masuk ke dalam Gedung KPK dan melempar botol serta batu ke arah gedung serta awak media. 

Aksi tersebut akhirnya dapat diredam lalu pada sekitar 15.36 WIB, kepolisian beserta perwakilan dari KPK melakukan negosiasi mengenai aksi yang sedang terjadi. 

Untuk situasi terkini, saat ini perwakilan KPK dan kepolisian masih melakukan negosiasi. Demonstran di depan Gedung KPK sudah mulai bubar dan anggota kepolisian yang dikerahkan anggotanya mulai bertambah.

Baca Juga: Aksi Demo di Depan KPK, Massa Minta Kain Hitam yang Tutupi Logo Dibuka

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya