Mega Tegaskan Tak akan Lindungi Kader yang Abaikan Aturan Partai

Mega ancam akan usir kader yang bantah instruksinya

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri mengintstruksikan kepada seluruh kader PDIP agar jangan pernah mencari untung rugi di dalam kerja politik. Ia juga menegaskan tak akan melindungi kader partainya yang tidak taat terhadap instruksi partai. 

Pidato politik itu disampaikan oleh Mega di tengah nama salah satu kadernya menjadi perbincangan dan dikait-kaitkan dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi komisioner KPU, Wahyu Setiawan. Kader tersebut adalah Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dan Harun Masiku, caleg yang disiapkan untuk PAW (Pergantian Antar Waktu) di DPR. 

"Pidato politik ini, dengar, pidato politik ini adalah instruksi langsung dari ketua umum bagi seluruh kader PDI perjuangan," ujar Megawati dengan suara lantang dalam pidato politiknya di acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-47 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan, Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (10/1).

Lalu, apa konsekuensinya bila instruksi Mega selaku ketua umum justru dilanggar?

1. Megawati akan 'usir' kader PDIP yang tidak taati instruksinya

Mega Tegaskan Tak akan Lindungi Kader yang Abaikan Aturan PartaiSuasana Rakernas dan HUT ke-47 PDI Perjuangan, Jumat (10/). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam pidatonya, Mega tegas mengatakan bila ada kader partainya yang tak sanggup untuk memenuhi instruksi itu, maka lebih baik keluar dari partai dengan lambang banteng moncong putih tersebut. Perempuan pertama yang terpilih sebagai presiden itu mengaku akan terus membuat gebrakan agar kader partainya sadar perannya secara ideologis.

"Saya akan menggebrak kalian seperti biasanya berkali-kali agar sadar terhadap tugas ideologis kita. Jika tidak siap silakan kalian pergi keluar dari PDI Perjuangan," ujar Mega disambut dengan sorak-sorai kader partai yang menggema di ruangan.

Baca Juga: Di Rakernas PDIP, Hasto Kristiyanto Pimpin Acara Mengheningkan Cipta

2. Megawati ingatkan kadernya tentang 47 tahun perjalanan PDIP

Mega Tegaskan Tak akan Lindungi Kader yang Abaikan Aturan PartaiPresiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bertolak ke Jepang untuk menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa (Dok.IDN Times/Istimewa)

Di dalam forum itu, Mega turut mengingatkan kader partainya mengenai perjalanan PDI Perjuangan selama 47 tahun bukanlah perjalanan yang singkat. Setiap hari, kata Mega, pasti akan ada cobaan yang terjadi di dalam sebuah partai.

"Empat puluh tujuh tahun bukanlah waktu yang singkat untuk sebuah partai. Setiap hari saya yakin akan terus digembleng oleh keadaan," tutur dia. 

Pesan Mega ini seolah tengah menggambarkan kondisi PDIP yang dirundung dugaan kasus korupsi. 

3. Ada lima disiplin di dalam PDI Perjuangan

Mega Tegaskan Tak akan Lindungi Kader yang Abaikan Aturan Partai(Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri) IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya

Lalu, dalam pidato politiknya, Megawati turut menyebutk ada lima disiplin yang terdapat di dalam PDI Perjuangan. Lima disiplin itu yakni disiplin ideologi, disiplin teori dan pemikiran, disiplin organisasi, disiplin tindakan dan disiplin gerakan.

Ia berharap semua kader mematuhi aturan lima disiplin tersebut. 

Baca Juga: 2 Stafnya Diduga Terjaring OTT KPK, Sekjen PDIP Hasto Sakit Diare

Topik:

Berita Terkini Lainnya