Menag dan Mendikbud Bahas Dana Pesantren dari Bank Dunia Rp3 Triliun

Mereka juga membahas RUU Pesantren

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menemui Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi di gedung Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/12). Pertemuan tersebut dijadwalkan pada pukul 11.00 WIB.

Fachrul mengatakan salah satu hal yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut adalah bantuan dana pesantren dari Bank Dunia.

"Kami juga mau mengangkat tentang bantuan manajeman pesantren yang diturunkan oleh Bank Dunia, ya," tutur Fachrul sebelum bertemu dengan Nadiem di Kemenag, Jakarta Pusat, Senin (9/12).

Baca Juga: [OPINI] Radikalisme Agama, Seberapa Berbahaya Bagi Kita?

1. Bank Dunia memberikan dana bantuan untuk pesantren senilai Rp3 triliun

Menag dan Mendikbud Bahas Dana Pesantren dari Bank Dunia Rp3 TriliunMenag Fachrul Razi ditemui di Istana Negara, Kamis (14/11). IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Fachrul menjelaskan dana bantuan dari Bank Dunia cukup besar. Karena itu perlu adanya komunikasi dengan Mendikbud untuk membicarakan perihal penggunaan dana tersebut.

"Besar, tiga triliunan," ujar Menag.

2. Kurikulum pesantren belum dibicarakan

Menag dan Mendikbud Bahas Dana Pesantren dari Bank Dunia Rp3 Triliun(Wawancara Khusus IDN Times dengan Menag Fachrul Razi di Kemenag, [5/11]) IDN Times/Uni Lubis

Fachrul menyebutkan dalam pertemuan kali ini lebih fokus membahas pendidikan agama. Akan dibahas pula evaluasi kelemahan yang ada di dunia pendidikan agama, tanpa membahas radikalisme.

Fachrul juga menuturkan saat ini belum ada kurikulum pesantren yang disiapkan dari Kemenag maupun Kemendikbud.

"Gak, kalau sama Bank Dunia ini belum terkait sama itu (kurikulum). Saya kira belum," tutur dia.

3. Kemenag akan berkoordinasi dengan Kemendikbud terkait RUU Pesantren

Menag dan Mendikbud Bahas Dana Pesantren dari Bank Dunia Rp3 TriliunMenteri Pendirikan dan Kenudayaan Nadiem Anwar Makariem ditemui usai menjadi pembina upacara peringatan Hari Guru Nasional, di Kemendikbud, Jakarta Selatan, Senin (25/11). (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Fachrul menyebutkan pertemuan kali ini juga akan membahas Revisi Undang-Undang (RUU) Pesantren. Kemenag akan berkoordinasi dengan Kemendikbud membahas undang-undang.

"Nanti kita lihat apa poin yang bisa dikoordinasikan, ya. Pasti koordinasi kami jalan terus lah. Gak ada sesuatu yang bisa dilakukan sendiri-sendiri," ujar Menag.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Baru Sebulan menjabat, Ini 4 Kontroversi Menag Fachrul Razi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya