MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Ajakan Boikot Produk Prancis

MUI kecam pernyataan Presiden Macron yang diskreditkan Islam

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Muhyiddin Junaidi mempersilahkan masyarakat yang ingin menyampaikan penolakan terhadap isi pidato Presiden Prancis, Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat Muslim. Namun, dia meminta agar masyarakat tidak terprovokasi dan tetap menjaga kedamaian di Tanah Air dalam menyikapi ajakan boikot produk Prancis.

"Kepada masyarakat umat Islam dan bangsa Indonesia yang ingin menyampaikan aspirasi penolakan silakan, tapi dengan tertib, tidak boleh merusak dan harus mengikuti aturan main," kata Muhyiddin seperti dikutip dari ANTARA, Jumat (30/10/2020).

1. MUI minta Menlu komunikasikan permasalah tersebut dengan Duta Besar Prancis

MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Ajakan Boikot Produk PrancisMenlu Retno Marsudi ketika memberi briefing (Dok. IDN Times/Kemenlu)

Muhyiddin meyakini bahwa pemerintah Indonesia akan mengambil langkah-langkah diplomatis agar persoalan tersebut tidak merugikan hubungan bilateral antara Indonesia dan Prancis.‎ Ia pun meminta Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi segera mengkomunikasikan hal itu dengan Duta Besar Prancis.

"Meminta kepada Ibu Menlu agar memanggil Duta Besar Prancis untuk Indonesia supaya dia memberikan klarifikasi," katanya.

Baca Juga: Turki Serukan Boikot Produk-produk Buatan Prancis, Memang Ngaruh?

2. MUI kecam pernyataan Presiden Macron yang mendiskreditkan Islam

MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Ajakan Boikot Produk PrancisIlustrasi Suasana Pandemik COVID-19 di Paris (ANTARA FOTO/Christophe Ena/Pool via REUTERS)

Muhyiddin mengakui MUI kecewa dan mengecam pernyataan Presiden Macron yang dinilai tidak sepantasnya keluar dari mulut seorang kepala negara. Apalagi, lanjutnya, pernyataan tersebut berpotensi memecah belah.

"Kami mengecam pernyataan Emmanuel Macron yang mendiskreditkan Islam," ungkapnya.

3. Presiden Macron harusnya sadar bahwa dia hidup berdampingan dengan umat Islam

MUI Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Ajakan Boikot Produk PrancisPresiden Prancis Emmnuel Macron, memakai masker pelindung, memberi hormat bagi peneliti saat mengunjungi laboratorium pengembangan industri di unit pembuat vaksin pabrik Sanofi Pasteur di Marcy-l'Etoile, dekat Lyon, Prancis, Selasa (16/6/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Muhyiddin mengingatkan bahwa Macron tidak lah hidup sendiri, melainkan berdampingan dengan umat Islam. Sehingga, sudah seharusnya bisa lebih bijak dalam bertutur kata dan tidak mendiskreditkan Islam.‎

"Ini membuat kondisinya tambah kacau dan panas," ujarnya.

Baca Juga: Buntut Pidato Macron, Negara Arab Ramai-ramai Boikot Produk Prancis

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya