Comscore Tracker

NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota Surabaya

PAN dan PBK lebih dulu berikan surat rekomendasi

Jakarta, IDN Times - Menyusul Partai Aman Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (NasDem) siap keluarkan surat rekomendasi kepada mantan Kapolda Jawa Timur Machfud Arifin menjadi bakal calon wali kota Surabaya di Pilkada 2020.

Politikus NasDem sekaligus Anggota DPRD Surabaya Imam Syafii mengatakan, Machfud Arifin bahkan sudah melakukan pendaftaran secara langsung ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) di Jakarta.

"Pak MA (Machfud Arifin) sudah bersilaturahim sekaligus mendaftar ke kantor DPP Partai NasDem di Jakarta tiga minggu lalu," ujar Imam seperti dikutip dari kantor berita Antara, Surabaya, Senin.

1. NasDem belum secara resmi memberikan surat rekomendasi ke Machfud Arifin

NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota SurabayaLogo NasDem. IDN Times/Istimewa

Namun, sampai saat ini, DPP Partai NasDem belum mengeluarkan rekomendasi terkait Pilkada Surabaya. Menurut Imam, biasanya DPP NasDem akan memberikan rekomendasi kepada bakal calon yang dinilai kompeten dan berpeluang besar memenangi pilkada salah satunya Machfud Arifin.

Saat ditanya mengenai bakal cawali dan cawawali (calon wakil wali kota) yang sudah mendaftar di NasDem, Imam Syafii mengatakan semua berkas pendaftar sudah diserahkan kepada DPP NasDem.

"Jadi semuanya terserah DPP," ujarnya.

2. NasDem baka lihat elektabilitas calon pasangan Machfud Arifin

NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota SurabayaMantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin saat bertemu dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). IDN Times/Fitria Madia

Walaupun demikian, Imam mengatakan pihaknya berharap salah satu dari para pendaftar yang memiliki elektabilitas tertinggi bisa digandeng sebagai bakal cawawalinya Machfud Arifin.

"Jika nantinya (Machfud Arifin) diberi rekomendasi oleh DPP NasDem" tutur Imam.

3. Ada beberapa orang yang berpeluang dipasangkan dengan Machfud Arifin

NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota SurabayaMantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin saat bertemu dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). IDN Times/Fitria Madia

Saat ditanya siapa di antara bakal cawawali yang berpotensi bisa berpasangan dengan Machfud Arifin, Imam mengatakan mereka tentunya yang sudah mendaftar di NasDem.

Mereka yang telah mendaftarkan diri di antaranya pengurus DPD Golkar Jatim KH Zahrul Azhar (Gus Hans), politikus NasDem Vinsensius Awey, dan Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Surabaya Haryanto.

Baca Juga: Masalah di Pilkada 2018 Harus Jadi Pertimbangan Persiapan Pilkada 2020

4. PAN dan PKB telah lebih dulu beri surat rekomendasi kepada Machfud Arifin

NasDem Rekomendasikan Machfud Arifin Maju Calon Wali Kota SurabayaDPW PAN Jatim beri rekomendasi Bacawali Surabaya ke Machfud Arifin, Kamis (16/1). Dok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, diketahui PAN telah lebih dulu mengeluarkan surat rekomendasi sebagai bentuk dukungannya kepada Machfud Arifin untuk maju menjadi bakal calon wali kota Surabaya dalam Pilkada Surabaya 2020 pada Kamis (6/1)

Hal itu diikuti oleh PKB yang juga turut melayangkan surat rekomendasi kepada Machfud Arifin untuk ajang kompetisi politik tersebut pada Minggu (19/1).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pekan Depan, NasDem Serahkan Rekomendasi untuk Calon Kepala Daerah  

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya