Pamit dari Jubir COVID-19, Pak Yuri Titip Pesan untuk Kamu Nih!

Pak Yuri bilang dia masih ada, jadi jangan khawatir ya

Jakarta, IDN Times - Bertugas selama 140 hari sebagai Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, pamit setelah resmi melepas jabatannya. Posisinya kini digantikan oleh Wiku Adisasmito.

Sosok Yuri mulai dikenal oleh masyarakat melalui siaran langsung update COVID-19 pada televisi, radio hingga streaming YouTube setiap hari pukul 15.30 WIB.

Keputusan pemerintah untuk mengganti Yuri sekaligus meniadakan update COVID-19 harian tentunya mendapatkan respons dari masyarakat. Publik merasa kehilangan terhadap sosok yang setiap hari muncul dengan kemeja dan masker batik matching itu.

"Gak, gak hilang, masih ada, buka di YouTube juga ada (siaran ulang), jangan khawatir," ujar Pak Yuri kepada IDN Times pada Rabu (22/7/2020).

Yuri pun tertawa--yang selama ini mungkin jarang didengar oleh masyarakat. Sebab, saat muncul pada siaran langsung, Yuri selalu memunculkan postur tegas dan memberikan pesan agar masyarakat disiplin pada protokol kesehatan COVID-19.

1. Pak Yuri sering tampil dengan baju dan masker batik matching, bikin masyarakat salah fokus

Pamit dari Jubir COVID-19, Pak Yuri Titip Pesan untuk Kamu Nih!Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Salah satu hal yang sangat melekat di pikiran masyarakat mengenai Pak Yuri adalah baju dan masker matching yang sering ia kenakan saat siaran langsung. Pak Yuri pernah bercerita kepada IDN Times, bahwa istrinya adalah orang di balik busana matching tersebut.

"Saya ini cuma jadi manekin aja, istri saya yang atur baju saya, masker kain itu kan dijahit di rumah, kain percanya kan di rumah," ujarnya kepada IDN Times pada Sabtu 18 April 2020.

Masyarakat sering salah fokus pada nuansa baju Pak Yuri. Bahkan, warganet sempat ramai membahas hal tersebut di Twitter.

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Jubir Penanganan Virus Corona, Siapa Achmad Yurianto?  

2. Pak Yuri tetap bertugas di belakang layar sebagai Dirjen P2P Kemenkes

Pamit dari Jubir COVID-19, Pak Yuri Titip Pesan untuk Kamu Nih!Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto berpose di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Walaupun tidak muncul di layar televisi, radio hingga streaming YouTube lagi, Pak Yuri menegaskan bahwa dirinya tetap bekerja di belakang layar. Ia adalah Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kemenkes. Ia dilantik oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pada Senin 9 Maret 2020 lalu.

"Saya setiap hari harus menganalisa meng-update, tapi hanya tidak menyampaikan, tapi menuliskan di website-nya COVID-19 (covid19.go.id)," ujarnya.

3. Mengenal Wiku Adisasmito, jubir baru penanganan COVID-19

Pamit dari Jubir COVID-19, Pak Yuri Titip Pesan untuk Kamu Nih!Profesor Wiku Adisasmito (Dokumentasi Gugus Tugas)

Ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto, menunjuk Wiku Adisasmito dan Budi Gunadi Sadikin menjadi Juru Bicara Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Sebelumnya, Wiku Adisasmito menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Dengan posisi barunya ini, Wiku berarti menggantikan Achmad Yurianto yang sudah menjadi jubir sejak 3 Maret 2020.

"Juru bicara pemerintah di sini (komite) telah ditunjuk, Prof Wiku dari BNPB dan Budi Gunadi Sadikin khusus untuk Satgas Ekonomi," kata Airlangga di kantornya, Kemenko Perekonomian Jakarta, Selasa 21 Juli 2020.

Baca Juga: Wiku Adisasmito Gantikan Yuri Jadi Jubir Pemerintah soal COVID-19 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya