Panduan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat selama Wabah Virus Corona

Penyaluran ZIS dengan tukar kupon harus dihindari

Jakarta, IDN Times - Dalam menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19, Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan panduan pengumpulan dan penyaluran zakat, infak dan shadaqah (ZIS). Hal yang paling utama diatur yaitu meminimalisir kontak langsung saat kegiatan pengumpulan zakat.

“Salah satunya, kami meminta Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian,” ungkap Menag Fachrul Razi dalam keterangan tertulis yang IDN Times terima di Jakarta pada Senin (6/4). 

1. OPZ diminta sosialisasi zakat melalui antar jemput dan transfer bank

Panduan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat selama Wabah Virus CoronaDok.IDN Times/Istimewa

Ia meminta OPZ untuk melakukan sosialisasi zakat melalui jemput zakat dan transfer layanan perbankan. Panduan ini merupakan bagian dari Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 tahun 2020, tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di Tengah Pandemi Wabah COVID-19. 

“Surat Edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan Syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi pegawai serta masyarakat muslim di Indonesia dari risiko COVID-19,” jelasnya. 

Dalam panduan tersebut, ia juga mengimbau agar umat muslim dapat membayarkan zakat harta sebelum bulan Ramadan.

“Ini agar zakat tersebut bisa terdistribusi kepada Mustahik lebih cepat. Tentunya kita berharap, ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan agar dapat bergembira juga menyambut Ramadan,” ujarnya.

Baca Juga: Di Tengah Wabah Virus Corona, Wapres Imbau Umat Muslim Percepat Zakat

2. Umat Muslim diminta segera melaksanakan zakatnya sebelum bulan ramadan tiba

Panduan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat selama Wabah Virus CoronaMasjid Istiqlal (IDN Times/Aldila Muharma)

Poin pertama dalam panduan tersebut adalah pengumpulan Zakat Fitrah dan atau ZIS, yaitu :

a). Mengimbau kepada segenap umat muslim agar membayarkan zakat hartanya segera sebelum puasa Ramadan sehingga bisa terdistribusi kepada Mustahik lebih cepat.

b). Bagi Organisasi Pengelola Zakat untuk sebisa mungkin meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung dan membuka gerai di tempat keramaian. Hal tersebut diganti menjadi sosialisasi pembayaran zakat melalui layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan. 

c). Organisasi Pengelola Zakat berkomunikasi melalui unit pengumpul zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah yang berada di lingkungan masjid, musala, dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menyediakan sarana untuk cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan alat pembersih sekali pakai (tissue) di lingkungan sekitar. 

d). Memastikan satuan pada Organisasi Pengelola Zakat, lingkungan masjid, musala dan tempat lainnya untuk  melakukan pembersihan ruangan dan lingkungan penerimaan zakat secara rutin, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, papan tik (keyboard), alat pencatatan, tempat penyimpanan dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan. Gunakan petugas yang terampil menjalankan tugas pembersihan dan gunakan bahan pembersih yang sesuai untuk keperluan tersebut. 

e). Mengingatkan para panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS  untuk meminimalkan kontak fisik langsung, seperti berjabat tangan ketika melakukan penyerahan zakat.

3. Penyaluran ZIS dengan tukar kupon yang dapat mengumpulkan massa harus dihindari

Panduan Pengumpulan dan Penyaluran Zakat selama Wabah Virus CoronaIDN Times/Aan Pranata

Berikut ini poin ke dia yang menjelaskan tentang panduan penyaluran Zakat Fitrah dan atau ZIS:

a) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS  yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menghindari penyaluran zakat fitrah kepada Mustahik melalui tukar kupon dan mengadakan pengumpulan orang. 

b) Organisasi Pengelola Zakat Fitrah dan/atau ZIS  yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk menghindari penyaluran zakat fitrah kepada Mustahik melalui tukar kupon dan mengumpulkan para penerima zakat fitrah.

c) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah dan/atau ZIS yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk melakukan penyaluran dengan memberikan secara langsung kepada Mustahik. 

d) Organisasi Pengelola Zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) dan panitia Pengumpul Zakat Fitrah atau ZIS yang berada di lingkungan masjid, musala dan tempat pengumpulan zakat lainnya yang berada di lingkungan masyarakat untuk pro aktif dalam melakukan pendataan Mustahik dengan berkoordinasi kepada tokoh Masyarakat maupun Ketua RT dan RW setempat.

Lalu pada poin terakhir, petugas yang melakukan penyaluran zakat fitrah dan atau ZIS  agar dilengkapi dengan alat pelindung kesehatan seperti masker, sarung tangan dan alat pembersih sekali pakai seperti tisu.

Baca Juga: Menag: Salat Terawih-Idul Fitri di Masjid Ditiadakan Selama COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya