Comscore Tracker

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal Basarnas

Riza lihat langsung pencarian Sriwijaya Air #SJY182

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau langsung proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Ariza mengunjungi posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemudian melanjutkan ke Kepulauan Seribu. Pada kunjungan tersebut, ia menyampaikan apresiasi kepada semua petugas yang telah bekerja sama dengan baik. 

"Saya atas nama Pemprov mewakili Pak Gubernur sejak kemarin dan pagi ini hadir di sini, Kepulauan Seribu, di atas kapal Basarnas yang berada di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, melihat langsung," ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (10/1/2021). 

Baca Juga: [LINIMASA] Jatuhnya dan Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJY 182

1. Wagub Riza juga mengecek kesiapan dan kinerja petugas di posko

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal BasarnasRiza Patria dalam Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta(6/4) (Dok. Humas DPRD DKI Jakarta)

Sebelumnya, Riza turut hadir dalam koordinasi di Posko JICT 2. Ia mengecek langsung kesiapan posko dan kinerja petugas.

"Saya melihat langsung petugas bersiap siaga sejak tadi malam dengan tugas masing-masing. Mereka melaksanakan tugas dengan baik. Dengan sungguh-sungguh," ujar dia.

Riza melanjutkan kunjungan ke pulau terdekat, yakni Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. Ia meninjau posko di darat dan memberikan dukungan kepada seluruh petugas. 

Dia mengatakan, pencarian membutuhkan energi, dukungan, dan doa bersama. "Sekali lagi terima kasih dan apresiasi kepada seluruh petugas," ungkap Riza.

2. Wagub DKI ajak masyarakat berdoa untuk para petugas dan keluarga korban

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal BasarnasTiga warga Pontianak yang merupakan kerabat dari salah satu penumpang pesawat Sriwijaya Air menangis di ruang tunggu Terminal Kedatangan Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Sabtu (9/1/2021) (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Riza mengajak masyarakat bersama-sama mendoakan agar para petugas dapat melaksanakan tugas dengan baik, serta menemukan puing-puing pesawat hingga jenazah korban. Ia juga berdoa agar keluarga korban diberikan kesabaran dan ketabahan. 

Politikus Partai Gerindra itu juga mengimbau agar masyarakat tidak mudah menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Dalam suasana seperti ini, untuk tidak memberikan informasi yang keliru dan salah, apalagi hoaks. Mari kita tunggu berbagai informasi dari pihak terkait yang berwenang. Yang memiliki akurasi informasi dan data yang tepat," tutur Riza. 

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal BasarnasInfografis Pesawat Sriwijaya Air (SJY 182) yang Jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021 (IDN Times/Arief Rahmat)H

3. Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh pencarian pesawat Sriwijaya Air

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal BasarnasPenemuan bagian bodi Pesawat Sriwijaya Air SJ182 pada Minggu (10/1/2021) (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Riza menjelaskan, sebagai upaya pencarian pesawat Sriwijaya Air, Pemprov DKI Jakarta memberi dukungan penuh kepada seluruh jajaran yang bertugas. Dukung tersebut tetap berada di bawah komando Basarnas, serta dukungan dari BPBD, TNI/Polri, Dinas Perhubungan DKI, dan beberapa instansi terkait lain.

"Kami memberikan dukungan sesuai dengan kewenangan dan komando Basarnas," ujar dia.

4. Pesawat Sriwijaya Air hilang kontak pada 9 Januari 2021 sekitar pukul 14.40 WIB

Pantau Pencarian Pesawat Sriwijaya Air, Wagub DKI Ikut Kapal BasarnasCatatan penerbangan Sriwijaya Air SJ182 (Website/flightradar24.com)

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJY 182 yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Tangerang menuju Bandara Supadio Pontianak hilang kontak pada Sabtu, 9 Januari 2021 sekitar pukul 14.40 WIB. Diduga, pesawat jatuh di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu. 

Pesawat jenis Boeing 737-500 tersebut mengangkut 62 orang, terdiri dari 40 penumpang dewas, tujuh anak-anak, dan tiga bayi, serta 12 kru pesawat.

Bagi keluarga penumpang yang ingin mendapatkan informasi terkait kecelakaan SJY 182, bisa menghubungi hotline Sriwijaya Air di nomor 021 806 37817. Ada juga posko di Terminal 2D kedatangan Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Ini Beberapa Bagian Pesawat Sriwijaya yang Ditemukan, Ada Life Vest

https://www.youtube.com/embed/WRSkrPpQFx4

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya