Comscore Tracker

PDIP Tahlilan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Megawati-Puan Tak Hadir

Beberapa tokoh penting hadiri acara tahlilan di TMP Kalibata

Jakarta, IDN Times - Keluarga besar PDI Perjuangan dan rekan dari Ketua MPR Periode 2009-2014 Almarhum Taufiq Kiemas mengadakan acara tahlilan dan yasinan dalam memperingati hari lahir ke 77 Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan pada Selasa (31/12).

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di antaranya adalah Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly dan juga Menteri Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

"Jadi pada hari ini keluarga besar Bapak Haji Muhammad Taufik Kiemas, Ibu Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar PDIP Perjuangan datang berziarah ke Taman Makam Pahlawan untuk mendoakan para pahlawan bangsa yang telah mendahului kita, khususnya Bapak Haji Muhammad Taufik Kemas yang pada hari ini kalau Tuhan mengizinkan beliau masih hidup bersama kita berusia 77 tahun," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan MPR RI Ahmad Basarah di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan.

1. Megawati dan Puan tidak hadir dalam acara tahlil dan yasinan

PDIP Tahlilan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Megawati-Puan Tak HadirTahlil dan Yasinan HM Taufiq Kiemas (Dok. Humas MPR)

Sedangkan, istri dari Taufiq Kiemas sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri tidak hadir dalam acara tersebut. Basarah mengatakan, Megawati tidak dapat menghadiri acara tersebut karena sedang berada di Jepang untuk persiapan mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (HC) yang ke-9 dari Soka University.

"Ibu saat ini sedang berada di Jepang untuk persiapan mendapatkan gelar doktor HC yang ke-9 dari Soka University. Jadi beliau tidak hadir, tadi saya sudah sampaikan salam Ibu Mega, Mbak Puan kepada semua yang hadir di sini," ujar Basarah.

Baca Juga: Rekomendasi Partai Tak Sesuai Harapan, PDIP: Jangan Sakit Hati

2. Taufiq Kiemas dikenal sebagai sosok dengan semangat perjuangan Islam dan nasionalis

PDIP Tahlilan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Megawati-Puan Tak HadirTahlil dan Yasinan HM Taufiq Kiemas (Dok. Humas MPR)

Basarah mengatakan Taufiq Kiemas adalah seorang tokoh bangsa yang memiliki semangat perjuangan untuk menyatukan semangat perjuangan Islam dan nasionalisme. Ia juga mengatakan, Taufiq Kiemas juga menunjukkan prinsip politik kemanusiaan dengan membuka seluas-luasnya komunikasi dengan seluruh kalangan masyarakat.

"Pak Taufik Kiemas semasa hidupnya dengan membuka pergaulan seluas-luasnya, bukan hanya kepada tokoh-tokoh dari partai politik lain tetapi juga dari berbagai macam lintas ideologi, lintas aliran, lintas usia, lintas agama, dan lain sebagainya," katanya.

3. Yasonna ungkap Taufiq Kiemas adalah tokoh di balik 4 pilar kebangsaan

PDIP Tahlilan Taufiq Kiemas di TMP Kalibata, Megawati-Puan Tak HadirMenkumham Yasonna Laoly (IDN Times/Aldzah Fatimah Aditya)

Saat ditemui usai acara, Menkumham Yasonna H Laoly mengatakan Taufiq Kiemas adalah sosok di balik program empat pilar kebangsaan. Menurutnya, empat pilar kebangsaan tersebut berguna untuk menjaga kesatuan bangsa serta memperkokoh ideologi dan konstitusi bangsa.

"Sebagai bangsa kita harus terus menjaga kesatuan kita, betul-betul memperkokoh ideologi, menjalankan konstitusi negara, menjalankan kebhinekaan itu, sebagai penghormatan dan doa kami datang kemari," ujar Yasonna.

Baca Juga: Yasonna Targetkan Bahas 'Omnibus Law' dengan DPR Pada Januari 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya