Comscore Tracker

Pembangunan 831 Hunian untuk Korban Gempa-Tsunami Palu Segera Rampung

JK minta pembangunan hunian segera diselesaikan

Palu, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mendampingi Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla dalam kunjungan kerja di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Senin (7/10). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau hunian tetap (huntap) untuk korban bencana gempa-tsunami Palu yang terjadi pada 28 September 2018. 

"Selain itu, Pak JK juga meninjau fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata dan agenda kunjungan diakhiri dengan Rapat Koordinasi Dampak Gempa, Tsunami dan Likuifaksi Palu-Petobo-Donggala," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis, Selasa (8/10). 

Baca Juga: Pemerintah Cairkan Dana Rp1,9 Triliun untuk Korban Bencana Palu

1. Sebanyak 831 hunian tetap disiapkan khusus untuk korban gempa-tsunami Palu

Pembangunan 831 Hunian untuk Korban Gempa-Tsunami Palu Segera RampungDok. BNPB

Agus menjelaskan sebanyak 831 hunian tetap rencananya akan dibangun untuk korban gempa-tsunami Palu. Hunian tersebut bertipe 36 atau rumah yang mempunyai luas bangunan 36 m2, dan dibangun di atas lahan seluas 38,6 hektare. 

"Itu (huntap) khusus diperuntukkan bagi korban bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang terjadi 28 September 2018 silam," ujar dia. 

JK memantau langsung perkembangan pembangunan huntap sekitar 15 menit di salah satu lokasi huntap yaitu, Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu. Pembangunan huntap tersebut dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Wapres JK memeriksa seluruh bagian, baik dari luar maupun dalam ruangan huntap yang setara dengan bangunan perumahan tipe 36 tersebut," ujar Agus. 

2. JK tanam pohon Pule yang bisa selamatkan warga Palu dari bencana

Pembangunan 831 Hunian untuk Korban Gempa-Tsunami Palu Segera RampungDok. BNPB

Di lokasi yang sama yaitu, Kelurahan Duyu, Wapres juga menanam pohon Pule atau Pulai. Makna dari pohon tersebut yaitu, sebagai pohon pelindung serta penyelamat bagi masyarakat Palu pada saat bencana tsunami 2018. 

"Pohon Pule itu adalah jenis pohon keras dengan daun hijau lebat, dan bisa dijadikan sebagai pelindung apabila sedang terjadi bencana, misalnya tsunami," ujar Agus. 

3. JK minta pembangunan hunian tetap segera dirampungkan

Pembangunan 831 Hunian untuk Korban Gempa-Tsunami Palu Segera RampungDok. BNPB

Usai meninjau huntap di wilayah Kelurahan Dayu, JK juga meninjau Huntap Tondo, Perumahan Cinta Kasih yang dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi di Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

"Dalam kesempatan tersebut, Wapres JK meminta agar pembangunan huntap tersebut dapat segera diselesaikan," ujar Agus. 

Dalam kunjungan itu, JK juga melihat puluhan bangunan huntap yang sudah memasuki tahap perampungan konstruksi. Dia mengimbau pembangunan segera diselesaikan, agar dapat dihuni korban gampa-tsunami Palu.

"Segera dirampungkan agar bisa dinikmati masyarakat yang menjadi korban bencana di Palu," kata JK. 

Baca Juga: Mengharukan: 30 Anak Korban Gempa Palu Berkumpul Lagi dengan Keluarga

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Rochmanudin

Just For You