Comscore Tracker

Pemerintah Dianggap Plinplan, #JokowiKingofPrank Trending di Twitter

Tagar itu berisi protes kenaikan BPJS hingga soal PSBB

Jakarta, IDN Times - Berbagai kebijakan yang diambil pemerintah untuk menghadapi pandemik virus corona atau COVID-19 dinilai plin-plan oleh sebagian masyarakat. Bahkan kini muncul tagar JokowiKingofPrank di Twitter. 

Melalui tagar yang pertama kali muncul pada Selasa (19/5) itu, warganet memprotes beberapa kebijakan yang dianggap plin-plan, seperti kenaikan BPJS Kesehatan dan rencana pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Kenapa dua orang ini tidak pernah akur dalam berpendapat padahal mereka orang yg sama #JokowiKingOfPrank," ujar salah satu warganet @Rey27236378 pukul 11.07 WIB Rabu (20/5).

1. Tagar JokowiKingofPrank mencapai 34,4 ribu twit

Pemerintah Dianggap Plinplan, #JokowiKingofPrank Trending di TwitterTagar JokowiKingofPrank dan SayaMasihPercayaJokowi di Twitter (Tangkapan layar Twitter)

Tagar JokowiKingofPrank menjadi trending nomor satu di Twitter Indonesia sejak (19/5). Hingga kini, twit atau cuitan dengan tagar tersebut mencapai angka 34.400. Protes yang diluapkan warganet pun bermacam-macam.

Bahkan, warganet menilai 'prank' yang memiliki arti kebijakan plin-plan dari pemerintah menyaingi prank YouTuber Ferdian Pelaka yang memberikan sekardus sampah dan batu ke transpuan.

"When i see all the news and trending today, suddenly i dont know who is Ferdian Paleka is?  #JokowiKingOfPrank," ujar akun @nabilawr31 pukul 05.08 WIB, Rabu.

2. Warganet menganggap kebijakan plin-plan pemerintah membuat masyarakat bingung di tengah situasi COVID-19

Pemerintah Dianggap Plinplan, #JokowiKingofPrank Trending di TwitterDok.Humas Jabar

Warganet sangat menyayangkan kebijakan yang berubah-ubah dari pemerintah. Bahkan, kebijakan itu dianggap membuat masyarakat menjadi bingung di tengah situasi COVID-19.

"Peraturan berubah-ubah yg tdnya ga boleh Mudik tapi Transportasi Umum malah dibuka lagi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah suka beda pemahaman terkait penanganan Covid-19, efeknya Masyarakat yang linglung menganggap enteng pandemic COVID-19!

#JokowiKingOfPrank," ujar @levonaufal pukul 11.25 WIB, Rabu.

3. Beberapa warganet protes tagar JokowiKingofPrank jadi trending

Pemerintah Dianggap Plinplan, #JokowiKingofPrank Trending di TwitterDok. Biro Pers Kepresidenan

Walaupun tagar JokowiKingofPrank ramai di Twitter. Namun, ada beberapa warganet yang menilai tagar tersebut harus dihentikan. Sebab apabila tagar itu masuk ke trending Twitter dunia akan membuat Indonesia malu.

"Berkat kalian warga +62 ini #JokowiKingOfPrank jadi tren, malu loh di liat seluruh dunia hm," ujar @idobiasaaja pukul 10.56 WIB, Rabu (20/5).

4. Jadi tagar tandingan, SayaMasihPercayaJokowi capai 12 ribu twit

Pemerintah Dianggap Plinplan, #JokowiKingofPrank Trending di TwitterTagar SayaMasihPercayaJokowi (Tangkapan layar Twitter)

Selain tagar JokowiKingofPrank yang menduduki posisi pertama dalam trending Twitter Indonesia, terdapat tagar SayaMasihPercayaJokowi di urutan kedua dengan 12,2 ribu twit.

Pada tagar tersebut, warganet mengemukakan dukungannya untuk Presiden Joko 'Jokowi' Widodo pada situasi wabah COVID-19.

"We are #StayHome because #SayaMasihPercayaJokowi. We are stand behind you Mr President. God bless you Pak @jokowi," ujar @shyrgiaifon pukul 07.50 WIB, Rabu.

"Menjadi pemimpin itu tidak mudah kawan.Jangan kita biarkan Pak @jokowi sendirian, mari kita doakan beliau agar bisa berlaku adil dan mampu membangun negeri ini. Doakan yang baik-baik, bukan memaki apa lagi memfitnah. #SayaMasihPercayaJokowi," tulis @hamka_sutra pukul 01.16, Rabu.

Baca Juga: Lantik KSAU dan KSAL di Istana, Jokowi Lakukan Salam Namaste

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya