Penting! Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Anjuran BPOM dan WHO

Perhatikan komposisinya dengan baik, ya!

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, cairan pembersih tangan atau hand sanitizer bisa dibuat secara mandiri. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasilnya sesuai dengan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Hand sanitizer dalam hal ini merupakan antiseptik dalam bentuk cair yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh hidup. Salah satunya adalah kulit," tuturnya saat live streaming di channel YouTube BNPB Indonesia, Senin (30/3).

Antiseptik dapat digunakan untuk mencuci tangan, membersihkan permukaan kulit yang terluka, dan mengobati infeksi di rongga mulut.

1. Kalian butuh etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril atau aquades untuk buat hand sanitizer

Penting! Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Anjuran BPOM dan WHOMuhammad Faiz Sayafar untuk IDN Times

Ia menjelaskan, ada pun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat hand sanitizer di antaranya adalah etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril atau aquades. Walau pun demikian, Wiku mengingatkan masyarakat agar tidak berlebihan dalam menggunakan hand sanitizer.

"Penggunaan hand sanitizer diharapkan tidak berlebihan," tuturnya.

Baca Juga: Keren! Di Banyumas, Ciu Diolah Jadi Bahan Hand Sanitizer!

2. Penggunaan hand sanitizer berlebihan bisa sebabkan iritasi kulit

Penting! Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Anjuran BPOM dan WHOIlustrasi hand sanitizer. IDN Times/Hana Adi Perdana

Penggunaan hand sanitizer secara berlebihan bisa membuat kulit iritasi. Untuk itu, Wiku lebih mengutamakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

"Dalam rangka pencegahan COVID-19, penggunaan antiseptik seperti hand sanitizer dapat digunakan tetapi tidak berlebihan agar tidak menimbulkan iritasi kulit," katanya.

3. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir menjadi cara terampuh bunuh virus

Penting! Ini Cara Membuat Hand Sanitizer Sesuai Anjuran BPOM dan WHOCara mencuci tangan yang baik dan benar. (IDN Times/Shukma Sakti)

Meski penggunaan hand sanitizer dianjurkan, namun mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir masih menjadi cara paling ampuh untuk membunuh virus. Dengan demikian, hand sanitizer hanya sebagai cara pengganti apabila tidak terdapat sabun untuk mencuci tangan.

"Di antaranya adalah dengan menganjurkan kampanye mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dan langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah," tutup Wiku.

Baca Juga: Bukan Cuma buat Cuci Tangan, Inilah 10 Kegunaan Unik Hand Sanitizer

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya