Comscore Tracker

Profil Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD Era Presiden Soeharto 

Wismoyo Arismunandar tutup usia hari ini pukul 04.29 WIB

Jakarta, IDN Times - Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Purnawirawan Wismoyo Arismunandar meninggal dunia Kamis (28/1/2021) pagi, tepatnya pukul 04.29 WIB. Hal tersebut diinformasikan oleh TNI AD melalui akun Twitter @tni_ad.

"Kepala Staf Angkatan Darat beserta Keluarga Besar TNI AD. Turut berduka cita atas meninggalnya Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar (Kasad periode 1993 - 1995). Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi Allah SWT," tulis akun @tni_ad, Kamis.

Untuk mengenang, berikut ini profil Jenderal Purnawirawan Wismoyo Arismunandar:

1. Wismoyo menjabat sebagai KSAD ke-17 pada 1993-1995

Profil Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD Era Presiden Soeharto Jenderal TNI Purn Wismoyo Arismunandar (Dok. Buku Kenangan Wisudawan PATI TNI-AD 1998)

Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar lahir di Bondowoso, Jawa Timur pada 10 Februari 1940. Lulusan Akademi Militer Nasional 1963 ini merupakan anak dari pasangan Sri Wurjan dan Arismunandar.

Seperti dikutip dari ANTARA, Wismoyo adalah purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang menduduki jabatan-jabatan strategis pada era Soeharto. Ia menjabat sebagai KSAD ke-17 pada tahun 1993-1995 dan Pangkostrad periode 1990-1992.

Bukan hanya itu, juga pernah menjabat sebagai Wakasad pada tahun 1992-1993. Sebelum mengemban jabatan sebagai Pangkostrad, almarhum juga pernah menjabat sebagai Pangdam XVII/Tkr pada 1986 dan Pangdam IV/Dip pada 1989.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan KSAD Wismoyo Arismunandar Meninggal Dunia

2. Nama Wismoyo sempat mencuat sebagai kandidat Panglima ABRI di era Soeharto

Profil Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD Era Presiden Soeharto Instagram.com/Soeharto_instagram_fanpage

Jabatan demi jabatan di jajaran korps baret merah sampai dengan jabatan Danjen Kopassus ia duduki. Sosok Wismoyo yang merupakan ipar Presiden Kedua RI Soeharto, terkenal dekat dengan bawahan dan tegas dalam kedisiplinan.

Namanya sempat mencuat sebagai kandidat Panglima ABRI, tetapi Soeharto lebih memilih Feisal Tanjung dan menugaskan Wismoyo sebagai Ketua KONI.

3. Wismoyo akan dimakamkan di Giribangun, Solo

Profil Wismoyo Arismunandar, Mantan KSAD Era Presiden Soeharto Jenderal TNI Purn Wismoyo Arismunandar (Twitter.com/tni_ad)

Rencananya, jenazah almarhum Jenderal Wismoyo akan dimakamkan di Giribangun, Solo, Jawa Tengah. Sebelum bertolak ke Solo, mendiang akan disemayamkan di rumah duka di Jalan Gempol 10, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan keluarga besar TNI AD turut berduka cita atas meninggalnya almarhum Jenderal Wismoyo pada usia 80 tahun.

"Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT," Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus seperti dikutip dari ANTARA, Kamis.

Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa juga direncanakan akan menjadi Inspektur Upacara di rumah duka.

Baca Juga: Mantan KSAD George Toisutta Tutup Usia

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya