Comscore Tracker

Ratusan Rumah di Kebon Pala Kembali Diterjang Banjir Kiriman 

RW 05 Kebon Pala sudah tiga kali banjir selama bulan ramadan

Jakarta, IDN Times - Ratusan rumah penduduk di RW 05 Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur kembali diterjang banjir kiriman dari wilayah Bogor, Jawa Barat, Kamis (21/5) pagi. Salah satu warga melaporkan sudah tiga kali wilayah sekitar rumahnya terendam banjir selama bulan ramadan ini.

"Selama bulan puasa ini sudah tiga kali kebanjiran. Ini mengganggu sekali waktu sahur," kata warga RT 06 RW 05 Kebon Pala Muhammad Reza (24) di Jakarta seperti dikutip dari kantor berita Antara, Kamis.

1. Banjir kiriman merendam Kebon Pala dengan TMA 1,5 meter

Ratusan Rumah di Kebon Pala Kembali Diterjang Banjir Kiriman Banjir di Kebon Pala, Jaktim (ANTARA/Andi Firdaus)

Ia menjelaskan, banjir kiriman mencapai dengan tinggi muka air (TMA) 1,5 meter di Kebon Pala terjadi sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB, Kamis. Banjir yang melanda wilayah dengan jumlah 350 kepala keluarga (KK) itu dipicu oleh luapan Kali Ciliwung yang melintas di sisi pemukiman warga.

"Sekitar jam 01.00 WIB air mulai masuk dan sampai pagi tadi sudah sedada orang dewasa," kata Reza.

Baca Juga: BPBD DKI Minta Warga di Bantaran Kali Pesanggrahan Waspada Banjir

2. Apabila curah hujan di Bogor dan Depok tinggi Kebon Pala sudah biasa banjir

Ratusan Rumah di Kebon Pala Kembali Diterjang Banjir Kiriman IDN Times/Sukma Shakti

Warga lainnya bernama Indra (49) mengatakan, Rabu (20/5) malam, curah hujan di wilayah Bogor dan Depok cukup tinggi. Hal itulah yang menyebabkan Kebon Pala mengalami banjir.

"Hujan lebat di wilayah hulu mengakibatkan tinggi muka air Bendungan Katulampa mengalami Siaga 2," ujarnya.

Sebagian warga memilih untuk mengungsi di rumah tetangga yang berlantai dua meskipun otoritas setempat telah menyediakan pengungsian di kantor kelurahan.

3. BMKG keluarkan peringatan dini tentang cuaca buruk di beberapa wilayah Indonesia

Ratusan Rumah di Kebon Pala Kembali Diterjang Banjir Kiriman (Ilustrasi Banjir) Dok.BNPB

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca terkait hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi hingga Jumat (22/5). Adapun beberapa wilayah yang berpotensi mengalami cuaca buruk adalah Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa wilayah Lampung diharapkan dapat mengantisipasi dan mempersiapkan diri terkait prakiraan cuaca buruk tersebut, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Sampai besok (22/5) Provinsi Lampung diprediksi masih berpotensi terjadi hujan lebat, disertai angin kencang, kilat petir,” kata Dwikorita melalui keterangan tertulis, Rabu (20/5) malam.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat di wilayah Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Gorontalo untuk selalu waspada.

"Selanjutnya cuaca buruk juga berpotensi terjadi di wilayah Indonesia Tengah dan Timur, seperti Gorontalo, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat," ujarnya.

Baca Juga: Katulampa Siaga IV, Banjir Kiriman Menuju Kampung Melayu Jakarta 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya