Sejarah Baru! Provinsi Jambi Dipimpin Gubernur Perempuan

Hari Nur jadi Penjabat Gubernur Jambi selama sebulan

Jakarta, IDN Times - Hari Nur Cahya Murni mencatat sejarah sebagai wanita pertama yang menjabat sebagai Gubernur sementara Jambi. Ia dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

"Kita sudah sama-sama mengikuti pelantikan Penjabat Gubernur Jambi oleh Mendagri, beliau dilantik bersamaan dengan tiga penjabat gubernur provinsi lainnya, yakni Provinsi Sumatra Barat, Bengkulu, dan Kepulauan Riau," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman di Jambi, seperti dikutip dari ANTARA, Kamis.

Baca Juga: Kisah Bripka Desri Hidupkan Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus di Jambi

1. Hari Nur akan duduki jabatan Gubernur Jambi selama satu bulan

Sejarah Baru! Provinsi Jambi Dipimpin Gubernur PerempuanSekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Jambi. Kementerian Dalam Negeri menunjuk Skeretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman sebagai Pelaksana Harian Gubernur Jambi. (ANTARA/Muhamad Hanapi)

Hari Nur Cahya Murni merupakan wanita kelahiran Kutoarjo, Jawa Tengah, 30 Oktober 1961. Sebelumnya, ia menduduki posisi Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri sejak Juli 2020.

Hari Nur akan menjabat hingga ada penetapan Gubernur Jambi secara definitif hasil pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada Serentak) 2020. Sebab, hingga saat ini hasil pemilihan Gubernur Jambi 2020 masih dalam tahap penyelesaian hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Penjabat Gubernur akan tiba di Jambi pada Jumat (19/2/2021) dan akan menjalankan tugas di Jambi selama sekitar satu bulan," kata Sudirman.

2. Gubernur Jambi Fachrori Umar mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari 2021

Sejarah Baru! Provinsi Jambi Dipimpin Gubernur PerempuanGubernur Jambi Fachrori Umar membeberkan capaian Provinsi Jambi tahun 2020 dalam paripurna HUT ke-64 Provinsi Jambi di gedung DPRD Provinsi Jambi, Rabu (6/1/2021). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jambi/am.

Sudirman menjelaskan penyelenggaraan pemerintah tidak boleh berhenti, karena gugatan hasil pemilihan Gubernur Jambi masih berlangsung di MK. Poin utamanya yaitu, Pemerintah Provinsi Jambi menghormati dan menghargai ketetapan tersebut.

"Gubernur Jambi Fachrori Umar secara resmi mengakhiri masa jabatannya pada 12 Februari 2021. Selama beberapa hari terakhir pelaksana harian Gubernur Jambi dijalankan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman," katanya.

3. Fachrori berpesan agar Jambi bangkit dari pandemik COVID-19

Sejarah Baru! Provinsi Jambi Dipimpin Gubernur PerempuanMenteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Hari Nur Cahya Murni sebagai Penjabat Gubernur Jambi di Jakarta, (18/2/2021). Hari Nur Cahya Murni mencatat sejarah sebagai Penjabat Gubernur Jambi wanita pertama di daerah itu. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemprov Jambi)

Perlu diketahui, Fachrori Umar telah berpamitan kepada seluruh masyarakat Jambi pada sidang paripurna HUT ke-64 Provinsi Jambi di gedung DPRD Jambi. Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan tantangan untuk Jambi ke depan.

"Tantangan ke depan dalam membangun Jambi tidak ringan, kita harus bangkit dari keterpurukan akibat pandemik COVID-19, dan saya mengharapkan dukungan semua pihak, termasuk para bupati dan wali Kota se-Provinsi Jambi untuk meningkatkan kerja sama yang terjalin selama ini," kata Fachrori di Jambi, Rabu, 6 Januari 2021.

Baca Juga: Pemerintah Beri Gelar Pahlawan Nasional kepada Raden Mattehar di Jambi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya