Sejarawan UI Sebut Pandemik COVID-19 Mirip Wabah Flu Spanyol 1918

Tidak ada yang siap dengan kehadiran wabah pada saat itu

Jakarta, IDN Times - Sejarawan Universitas Indonesia (UI) Tri Wahyuning M Irsyam mengatakan, pandemik COVID-19 yang sedang melanda seluruh dunia mirip dengan wabah flu spanyol pada 1918. Wabah tersebut juga melanda Indonesia kala itu.

"Petugas pemerintah kolonial rutin berkeliling menggunakan mobil untuk menyosialisasikan bahwa penyakit itu mematikan, lebih baik di rumah saja, memakai masker dan menjaga kebersihan," kata Tri melalui siaran langsung YouTube BNPB Indonesia dari Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (1/8/2020).

Tri mengatakan, pemerintah kolonial Hindia Belanda saat itu mengetahui bahwa tidak semua orang bisa membaca koran, dan mendapatkan informasi yang benar terkait wabah flu spanyol.

Baca Juga: Belajar dari Kasus Flu Spanyol 1918, Dunia Harus Optimis Hadapi Corona

1. Sosialisasi secara langsung bertujuan agar masyarakat tidak anggap remeh flu spanyol

Sejarawan UI Sebut Pandemik COVID-19 Mirip Wabah Flu Spanyol 1918Letkol Inf. H. Allan Surya Lesmana tengah memasangkan masker kepada warga, IDN Times/Elias

Tri menjelaskan, pemerintah kolonial melakukan sosialisasi secara langsung agar masyarakat tidak menganggap remeh dan waspasa dengan wabah flu spanyol. Selain itu, terjadi perbedaan sudut pandang antara pemerintah kolonial dan masyarakat dalam menanggapi flu spanyol.

"Masyarakat memandang penyakit tersebut bersumber dari alam seperti debu, angin, dan lain-lain. Sementara pemerintah kolonial melihat sumber penularan berasal dari luar, yaitu orang-orang pendatang yang menjadi pembawa virus," tuturnya.

2. Di masa awal, pemerintah maupun masyarakat tidak siap menghadapi wabah flu spanyol

Sejarawan UI Sebut Pandemik COVID-19 Mirip Wabah Flu Spanyol 1918Ilustrasi menggunakan masker saat kerja (IDN Times/Umi Kalsum)

Tri mengatakan, pada masa awal pemerintah dan masyarakat negara-negara di dunia tidak siap menghadapi wabah flu spanyol. Ketidaksiapan itu terlihat dari penanganan yang lamban.

"Ketika wabah penyakit itu mulai terjadi, dan beberapa orang mulai memperlihatkan gejala-gejala tertentu, para petinggi sejumlah negara seolah-olah abai dengan fenomena yang terjadi di masyarakat," ujarnya.

3. Pemerintah Belanda mendapat informasi bahwa flu spanyol memakan korban di Bali dan Banyuwangi

Sejarawan UI Sebut Pandemik COVID-19 Mirip Wabah Flu Spanyol 1918rarehistoricalphotos.com

Begitu pula dengan pemerintah kolonial Hindia Belanda. Ketika sudah ada laporan dari daerah melalui telegram yang menyatakan sudah ada banyak korban, di antaranya dari Bali dan Banyuwangi, laporan itu tertahan di lembaga yang secara administratif setara dengan Sekretariat Negara selama berbulan-bulan.

"Karena tidak mendapat tanggapan, pemerintah kolonial di daerah akhirnya menjadi panik dan menyerahkan kepada masyarakat agar bertindak sendiri," tuturnya.

Masyarakat akhirnya lebih mengedepankan upaya pengobatan tradisional. Di dalam Serat Centini disebutkan, sejumlah bahan-bahan alami seperti jamu kerap digunakan sebagai pengobatan. 

Baca Juga: Kala Doni Monardo Ingatkan Sejarah Mengatasi Wabah Flu Spanyol

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya