Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!

Hutan kota Kemayoran akan dilengkapi banyak fasilitas seru

Jakarta, IDNTimes - Revitalisasi hutan kota kawasan Kemayoran ditargetkan selesai pada November 2019. Rencananya, selain akan ada ekspedisi mangrove, di hutan kota Kemayoran juga akan dilengkapi dengan amphitheatre sebagai ruang untuk menampilkan pentas seni, plaza, panggung apung, viewing tower dan fasilitas lainnya.

"Hutan kota ini akan dikembangkan sebagai salah satu kawasan unggulan di DKI Jakarta" ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran, Riski Renando seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/8).

Kesibukan pekerjaan masih terlihat di kawasan hutan kota Kemayoran tersebut. Tampak puluhan pekerja mengenakan seragam rompi oranye sedang sibuk bekerja. Pekerja tersebut mengangkut pasir dan batu menyeberangi jembatan darurat yang dibuat menghubungkan saluran air di hutan kota Kemayoran.

1. Konsep "Three Wonderful Journey"

Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!setneg-ppkk.co.id

Riski menjelaskan kawasan hutan kota Kemayoran dikembangkan dengan konsep "Three Wonderful Journey". Konsep tersebut memadukan jalur hutan (forest trail), ekspedisi mangrove dan taman bermain air (water playground).

"Kami akan melengkapi sarana dan infrastruktur yang diperlukan agar nantinya masyarakat bisa nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga jogging, naik sepeda dan juga menikmati wisata air," ujar Riski.

Pembangunan hutan kota Kemayoran dilakukan oleh Pusat Pengolahan Komplek Kemayoran (PKK Kemayoran) sebagai pihak yang menginisiasi inovasi revitalisasi hutan kota Kemayoran. 

2. Akan dilengkapi ruang untuk pentas seni

Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!setneg-ppkk.co.id

Hutan kota Kemayoran nantinya akan dilengkapi dengan amphitheater sebagai ruang untuk melakukan kegiatan-kegiatan pentas seni. Hal ini dilakukan untuk mendukung tujuan dari kehadiran hutan kota tersebut yaitu, membuat masyarakat merasa nyaman dan menjadi tempat melepas penat dari kegiatan rutin yang melelahkan.

3. Luas hutan kota Kemayoran 22,3 hektare

Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!setneg-ppkk.co.id

Hutan kota Kemayoran diketahui memiliki luas kurang lebih 22,3 hektare. Di dalam hutan kota tersebut, akan ada waduk dan rawa. Selain itu, ada fasilitas lain seperti plaza, panggung apung, viewing tower.

Riski menjelaskan inti dari konsep hutan kota Kemayoran adalah kenyamanan. Masyarakat diharapkan dapat menjadikan hutan kota Kemayoran salah satu opsi untuk melakukan berbagai aktivitas pelepas penat.

Kawasan tersebut juga nantinya akan dilengkapi dengan jogging track. Untuk masyarakat yang suka fotografi, ada jembatan gantung bercat merah yang estetik.

Baca Juga: Bertaruh Nyawa Demi Kelestarian Mangrove di Utara Jakarta

4. Kawasan edukasi untuk siswa sekolah

Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!setneg-ppkk.co.id

Riski mengungkapkan bahwa hutan kota Kemayoran bisa menjadi tempat edukasi. Misalnya saja, siswa dapat mengenal berbagai macam jenis pohon. Ada pohon seperti kiara, sengon, bilangur, meranti, dan juga trembesi yang diramaikan oleh kicauan burung kutilang, tekukur dan lainnya.

Selain itu, hutan kota Kemayoran juga bisa menjadi salah satu tempat untuk siswa sekolah melakukan kegiatan seni.

5. Hutan kota Kemayoran meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018

Selesai November, Hutan Kota Kemayoran Bakal Instagramable Banget!setneg.go.id

Pada 2018, hutan kota Kemayoran telah berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu inovasi pelayanan publik terbaik. Penghargaan tersebut diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Di tengah hutan kota Kemayoran akan dilengkapi juga dengan sculpture, sebuah patung yang menggambarkan sejarah dari kawasan Kemayoran. Sejarah tersebut berkaitan dengan kenangan tentang kawasan Kemayoran dahulunya bandara udara internasional pertama di Indonesia.

Baca Juga: [FOTO] Tawa Jokowi-Anies di Wisma Atlet Kemayoran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya