Comscore Tracker

Sidang Tahunan MPR: Bamsoet Ingatkan Efek Domino Resesi Imbas COVID-19

"Kali ini lebih dalam daripada era Great Depression."

Jakarta, IDN Times - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa pandemik COVID-19 bukan hanya berdampak kepada kesehatan dan pendidikan masyarakat. Tetapi, juga sangat berdampak serius pada bidang ekonomi.

"Pada periode Maret sampai pertengahan bulan Agustus 2020 ini menjadi fase terberat bagi perekonomian Indonesia. Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan-II 2020 minus 5,32 persen dibanding triwulan II-2019," ujarnya saat pidato pengantar Sidang Tahunan di Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, yang disiarkan secara langsung channel YouTube DPR RI, Jumat (14/8/2020).

Ia menjelaskan, melansir Bank Dunia, resesi sudah hampir pasti terjadi di seluruh wilayah dunia. Bahkan, resesi COVID-19 terburuk dalam sejarah sejak Perang Dunia II.

"Sebelumnya Dana Moneter Internasional (IMF) juga telah melansir proyeksi serupa. Bahkan, dalam outlook yang dipublikasikan pada bulan April 2020, IMF menyebut resesi kali ini lebih dalam daripada era Great Depression pada tahun 1930-an," jelasnya.

Untuk itu Bamsoet meminta agar seluruh pihak untuk bergotong-royong mendukung kebijakan pemerintah agar efek domino resesi tidak menyebar ke berbagai sektor.

Baca Juga: Hadiri Sidang Tahunan MPR, Jokowi Kenakan Baju Adat Sabu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya