Staf Gugur di Kecelakaan Speedboat, KLHK Pasang Bendera Setengah Tiang

Tujuh orang meninggal dalam kecelakaan speedboat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berduka setelah kehilangan pegawainya dalam musibah kecelakaan speedboat di Taman Nasional Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (9/3) pukul 12.00 WIT.

Sebagai tanda duka cita yang mendalam, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar mengimbau kepada seluruh jajarannya di seluruh daerah untuk melakukan pengibaran bendera setengah tiang. Hal itu sebagai tanda berkabung atas meninggalnya para staf dalam melaksanakan tugas mereka.

"Innalillahi wainailahi rojiun. Saya mendapatkan kabar duka terjadi insiden kecelakaan speedboat di Sungai Taman Nasional Sebangau, Palangkaraya. Saya terus mengikuti perkembangannya dan minta terus diperbaharui informasi lapangan pada kesempatan pertama, dan mari kita doakan agar proses evakuasi berjalan dengan lancar," tulis Nurbaya dalam keterangan tertulis, Senin (10/3).

1. Tujuh orang meninggal dunia akibat kecelakaan speedboat

Staf Gugur di Kecelakaan Speedboat, KLHK Pasang Bendera Setengah Tiang(Dok. BPBD Kalteng)

Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK Nunu Anugrah menginformasikan, terdapat delapan staf yang menjadi korban dalam musibah kecelakaan di Taman Nasional Sebangau. Enam orang korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan dua lainnya masih mendapatkan perawatan.

"Selain itu, terinformasi juga bahwa telah menjadi korban juga ialah Dandim Kuala Kapuas Letkol Bambang Kristianto Bawono," ujar Nunu, Senin malam.

Baca Juga: [BREAKING] Korban Tewas Kecelakaan Speedboat di Kalteng Jadi 6 Orang

2. Jenazah telah diserahkan kepada keluarganya

Staf Gugur di Kecelakaan Speedboat, KLHK Pasang Bendera Setengah Tiang(Dok. BPBD Kalteng)

Nunu menjelaskan, enam staf Taman Nasional Sebangau yang meninggal antara lain Abdi Darmansyah, Ibnu Yudistira Hendrawan, Mutiara, Tias Nofianti, satu orang istri Polhut atas nama Umroatus Sholikhah, dan satu orang Manggala Agni atas nama Mansyah.

Jenazah telah diambil dari rumah sakit oleh keluarganya, untuk dimakamkan di Kota Palangkaraya dan di Kabupaten Kapuas serta Kabupaten Katingan.

"Satu jenazah rencana akan dijemput keluarga untuk dimakamkan di Jawa Tengah. Dua orang korban atas nama Yuliansi dan Selfia saat ini sedang mendapatkan perawatan," tutur Nunu.

3. Menteri Nurbaya akan kunjungi rumah duka

Staf Gugur di Kecelakaan Speedboat, KLHK Pasang Bendera Setengah TiangMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (Dokumentasi KLHK)

Menteri LHK Siti Nurbaya beserta wakil dan sekjennya, serta beberapa pejabat lainnya dijadwalkan akan terbang ke Kalimantan Tengah, untuk malayat ke rumah duka korban.

Sampai Senin malam, Sekjen dan Dirjen beserta staf KLHK sedang mempersiapkan dokumen administrasi staf yang meninggal dunia dalam tugas dan hal-hal yang diperlukan secara teknis, menurut standar operasional prosedur (SOP) sesuai ketentuan.

Baca Juga: Kecelakaan Speedboat di Palangkaraya, 2 Warga Belanda Masih Dirawat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya