Comscore Tracker

Usai Laporkan Novel Baswedan, Dewi Tanjung: Nyai Makin Terkenal!

Dewi juga pernah polisikan tokoh politikus seperti Prabowo

Jakarta, IDN Times - Nama politikus PDI Perjuangan Dewi Tanjung sontak menjadi perbincangan di seluruh Indonesia sejak Rabu (6/11) gara-gara ia mempolisikan penyidik Novel Baswedan. Di hadapan publik, Dewi lantang menuding Novel telah membohongi publik usai mengaku menjadi korban penyiraman air keras oleh orang yang tidak dikenal. 

Dewi mengaku ada yang janggal dari tampilan wajah penyidik senior di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu. Sebab, wajahnya tetap dalam kondisi mulus kendati disiram dengan cairan air keras. Belum lagi tak lama usai diteror, bagian yang diperban adalah kepala dan hidung. Namun, tiba-tiba yang mengalami kerusakan paling parah malah matanya. 

Kendati laporan itu tidak masuk akal dan di luar nalar, masih ada publik yang mempercayainya. Publik pun kemudian beramai-ramai mencari tahu siapa sosok Dewi yang dulunya sempat bermain sinetron itu. 

Dalam sebuah video blog yang ia unggah di akun YouTube pribadinya, Dewi bahkan tak segan-segan mengakui ia semakin terkenal usai melaporkan Novel ke Polda Metro Jaya. Di video berjudul "Nyai Dewi Laporin Novel ke polisi, Lawyernya bilang itu Jahat dan salah, Jd nyai harus Lapor ke KUA" pula, Dewi menyebut dirinya dengan "Nyai."

"Udah liat belum berita yang lagi panas? Nyai makin ngetop, Nyai makin terkenal, ada yang panas ngeliat Nyai," ujar Dewi di pembukaan videonya yang diunggah pada Kamis (7/11). 

Video yang Dewi unggah tersebut mendapat sambutan cukup luar biasa dari warganet. Baru dua hari diunggah, namun sudah ditonton lebih dari 50 ribu kali dan mendapat 2.700 likes.

Dari 11 video yang diunggah Dewi, terdapat sekitar 4 video yang membahas khusus tentang Novel Baswedan. Masing-masing dari empat video tersebut tembus lebih dari 50.000 kali ditonton. Apa saja sih yang Dewi sampaikan di dalam video blognya itu?

1. Dewi menuturkan opini pribadinya mengenai Novel Baswedan

Usai Laporkan Novel Baswedan, Dewi Tanjung: Nyai Makin Terkenal!(Penyidik senior KPK, Novel Baswedan) IDN Times/Ashari Arief

Dalam unggahan video terakhirnya, Dewi dengan tegas mempertanyakan kebenaran kasus penyiraman Novel Baswedan. Ia berpendapat banyak kejanggalan yang terdapat dalam kasus teror yang menimpa mantan perwira Polri itu pada 11 April 2017 lalu.

"Yang ketahuan justru malah hal yang tidak masuk akal yaitu, dari Novel Baswedan itu sendiri, ya kan, seperti perban. Dia perban kepalanya, tahu-tahunya dia benjol itu ketabrak pohon, Nyai pikir ketabrak tiang," kata politikus yang gagal melenggang ke Senayan pada pileg April lalu itu. 

Baca Juga: Tak Hanya Novel, Ini Daftar Orang-orang yang Dipolisikan Dewi Tanjung 

2. Kuasa hukum Novel Baswedan menilai tudingan Dewi Tanjung adalah fitnah yang luar biasa

Usai Laporkan Novel Baswedan, Dewi Tanjung: Nyai Makin Terkenal!(Penyidik senior KPK Novel Baswedan) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Salah satu anggota kuasa hukum Novel Baswedan, Alghifari Aqsa menilai laporan yang dibuat oleh Dewi Tanjung merupakan fitnah yang keji dan di luar batas nalar kemanusiaan. Sebab, Novel yang sudah menjadi korban penyiraman air keras justru dituding merekayasa teror yang hampir merenggut indera penglihatannya. 

"Padahal, berbagai fakta dan bantahan sudah disampaikan langsung oleh Novel termasuk pimpinan KPK. Kapolri saat itu, Tito Karnavian sudah menyaksikan langsung kondisi Novel tak lama setelah kejadian," kata Al Ghifari melalui keterangan tertulis pada Kamis (7/11). 

Al Ghifari juga menekankan tentang adanya tujuan untuk penggiringan opini publik oleh Dewi Tanjung tentang kasus penyiraman Novel. Ia menjelaskan dengan adanya laporan tersebut publik seakan lupa kasus teror yang menimpa kliennya hingga saat ini belum terungkap.

"Penggiringan opini itu juga diharapkan melemahkan dukungan publik untuk menolak upaya pelemahan KPK dan gerakan pemberantasan korupsi di Indonesia. Apalagi laporan itu dibuat bersamaan dengan desakan dari publik agar Perppu KPK tetap diterbitkan oleh presiden," tutur Al Ghifari. 

3. Selain Novel Baswedan, Dewi Tanjung pernah laporkan Prabowo Subianto dan Rizieq Shihab

Usai Laporkan Novel Baswedan, Dewi Tanjung: Nyai Makin Terkenal!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain Novel, Dewi Tanjung juga pernah melaporkan tokoh-tokoh politik besar seperti Prabowo Subianto, Amien Rais, Fadli Zon dan Fahri Hamzah. Dewi menuding mereka terlibat kericuhan di Bawaslu pada 21 Mei hingga 23 Mei silam. 

Selain itu, pada Mei 2019, Dewi juga melayangkan laporan kepada Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, mantan pimpinan aksi 212 Bachtiar Nasir dan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan tuduhan melakukan makar.

Baca Juga: PDIP Bantah Instruksikan Dewi Tanjung untuk Polisikan Novel Baswedan

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You