Comscore Tracker

Vaksinasi COVID-19 Lansia Segera Dimulai, Ini Cara Daftarnya

Data lansia akan disimpan oleh Dinas Kesehatan provinsi

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, program vaksinasi COVID-19 kepada kelompok lansia segera dimulai. Wiku mengatakan, program vaksinasi kepada lansia sudah dilakukan, khususnya di Pulau Jawa dan Pulau Bali.

"Vaksinasi untuk lansia telah dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, terutama di Jawa-Bali, dengan pertimbangan kontribusi kasus, kesiapan fasilitas penyimpanan vaksin dan telah tercapainya target vaksin nakes (tenaga kesehatan)," kata Wiku saat konferensi pers yang disiarkan langsung oleh YouTube BNPB Indonesia, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Viral Antrean Vaksin Lansia, Wagub DKI: Itu Antusiasme Warga

1. Cara daftar vaksinasi COVID-19 untuk lansia

Vaksinasi COVID-19 Lansia Segera Dimulai, Ini Cara DaftarnyaSimulasi tersebut dilaksanakan agar petugas kesehatan mengetahui proses penyuntikan vaksinasi COVID-19 yang direncanakan pada Maret 2021. ANTARA FOTO/Jojon

Wiku menjelaskan, vaksinasi untuk lansia bisa dilakukan di fasilitas kesehatan pemerintah setempat. Selain itu, vaksinasi nantinya juga dapat dilakukan dengan organisasi lain yang bekerja sama dengan pemerintah.

"Untuk vaksinasi melalui fasilitas kesehatan pemerintah, masyarakat dapat mengunjungi website Kementerian Kesehatan yaitu www.kemenkes.go.id," katanya.

2. Lansia diminta untuk mengisi data di link tautan

Vaksinasi COVID-19 Lansia Segera Dimulai, Ini Cara DaftarnyaRencana Vaksinasi COVID-19 (Sukma Shakti/IDN Times)

Wiku mengatakan, pada website tersebut akan terdapat link atau tautan yang dapat diklik. Lalu, akan ada sejumlah pertanyaan yang harus diisi sesuai dengan data sasaran vaksinasi lansia.

"Jika mengalami kesulitan harap masyarakat lansia meminta bantuan kepada anggota keluarga lain atau melalui ketua RT atau RW setempat, untuk mendaftarkan secara online," katanya.

3. Informasi lansia akan disimpan oleh Dinas Kesehatan masing-masing provinsi

Vaksinasi COVID-19 Lansia Segera Dimulai, Ini Cara DaftarnyaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Setelah mengisi data tersebut, maka informasi lansia yang mendaftar vaksinasi akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing. Selanjutnya, lansia akan mendapatkan jadwal pelaksanaam vaksinasi.

"Perlu ditekankan bahwa tautan yang sempat beredar melalui WhatsApp sebelumnya sudah tidak dapat dipergunakan lagi. Sehingga peserta yang sudah mengisi tautan tersebut pemerintah memastikan data tersebut aman sehingga tidak perlu mengisi ulang kembali," katanya.

Baca Juga: Ini yang Perlu Diketahui soal Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia  Jakarta

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya