Wakil MPR Menduga Ada Pihak yang Sengaja Buat Kondisi Papua Tidak Aman

Rombongan MPR datangi Papua sebagai bukti dukungan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menilai, ada kelompok atau pihak tertentu yang dengan sengaja menginginkan keadaan tidak aman di Papua. Walaupun demikian, politisi Partai NasDem itu percaya bahwa masalah di Papua dapat diatasi apabila dilakukan secara bahu-membahu oleh semua pihak.

"Memang ada pihak yang ingin agar image Papua tidak aman," ujarnya di Tembagapura seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (4/3).

Baca Juga: Sikapi Sejumlah Persoalan di Papua, DPD RI Bentuk Pansus Papua

1. Rombongan MPR datangi Tembagapura untuk buktikan wilayah itu aman

Wakil MPR Menduga Ada Pihak yang Sengaja Buat Kondisi Papua Tidak AmanGoogle Map

Ia menjelaskan, kedatangan rombongan MPR ke Tembagapura adalah sebagai bentuk dukungan serta pembuktian bahwa daerah tersebut aman. Papua adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia.

"Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Indonesia, sehingga kami sebagai wakil rakyat akan selalu mendukung agar terciptanya situasi yang aman, " kata dia.

2. Moerdijat nilai ada pihak yang ingin memprovokasi Papua

Wakil MPR Menduga Ada Pihak yang Sengaja Buat Kondisi Papua Tidak AmanANTARA FOTO/Indrayadi TH

Mengenai sering terjadi gangguan keamanan di wilayah tersebut, Moerdijat menilai, adanya pihak yang ingin memprovokasi. Pihak tersebut bisa bagian dari Kelompok Kriminal bersenjata (KKB) atau partisipan pro kemerdekaan lainnya.

"Saya yakin bisa diatasi karena rakyat Papua juga sudah merasakan hasil pembangunan, khususnya pada era Presiden Jokowi, " kata Moerdijat.

3. Papua ditetapkan sebagai tuan rumah PON XX/2020

Wakil MPR Menduga Ada Pihak yang Sengaja Buat Kondisi Papua Tidak AmanRapat Dengar Pendapat DPD RI dengan aktivis HAM, Senin (18/11). IDN Times/Isidorus Rio

Selain itu, menetapkan Papua sebagai tuan rumah PON XX/2020 juga menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam membangun Papua.

"Berbagai permasalahan yang terjadi diharapkan dapat segera diselesaikan, sehingga pembangunan yang saat ini sedang digalakkan benar-benar dirasakan masyarakat Papua," kata dia.

Sebelumnya, pada Selasa (3/3) rombongan MPR melakukan kunjungan kerja ke Wamena dan Sentani untuk melihat langsung perkembangan pembangunan rumah dan ruko bagi warga korban kerusuhan Wamena, dan Stadion Papua Bangkit.

Baca Juga: Pansus Papua DPD Dorong Kejagung Tegakkan Hukum dan HAM di Papua  

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya