Comscore Tracker

Wapres: Cegah Virus Corona, TKI dari Malaysia akan Diawasi Ketat 

TKI terindikasi virus corona akan dikarantina kesehatan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan bahwa pemerintah pusat telah menyiapkan protokol pengawasan kesehatan yang ketat untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang pulang dari Malaysia ke Indonesia. Hal itu demi mencegah masuknya virus corona atau COVID-19 yang berpotensi memperparah kondisi wabah di tanah air.

“Akan dilakukan pengetatan bagi mereka yang warga negara kita yang kembali (dari Malaysia) melalui pintu udara darat maupun laut itu sekarang kita ketatkan,” tuturnya saat rapat terbatas melalui teleconference di Jakarta, Selasa (31/3).

1. Karantina kesehatan akan dijalani TKI yang terindikasi virus corona

Wapres: Cegah Virus Corona, TKI dari Malaysia akan Diawasi Ketat (Petugas Kesehatan Karantina Bandara Soekarno Hatta bersiap melakukan pemeriksaan acak suhu badan penumpang yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten) ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Ma’ruf menjelaskan, salah satu langkah pencegahan dari pemerintah yaitu penyediaan karantina kesehatan bagi TKI yang terindentifikasi virus corona saat pulang ke Indonesia. Hal itu untuk menjamin setiap TKI yang sampai ke kampung halaman masing-masing tidak membawa virus corona.

“Untuk tidak membawa penularan COVID-19 ke daerahnya masing-masing, mereka yang sudah dinyatakan tidak bermasalah berarti mereka boleh kembali ke kampung halamannya masing-masing sudah ada protokolnya,” katanya.

Baca Juga: Wabah COVID-19: RI Antisipasi Kepulangan TKI dari Malaysia dan ABK

2. Pemerintah menyiapkan pulau khusus untuk karantina kesehatan para TKI terindentifikasi virus corona

Wapres: Cegah Virus Corona, TKI dari Malaysia akan Diawasi Ketat Ratusan WNI tengah diobservasi di Pulau Natuna. Twitter.com/KemenkesRI

Untuk karantina kesehatan, ia menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan tempat khusus. Pulau tersebut di antaranya adalah Pulau Galang dan Natuna. Namun, berbeda dengan WNI Wuhan, karantina kesehatan itu hanya akan diberlakukan kepada TKI yang terindikasi membawa virus corona saja

“Mungkin mereka tidak ditampung ya seperti yang dulu (WNI Wuhan). Tapi dikembalikan ke daerah yang tidak bermasalah yang tidak terindikasi, kecuali ya kalau terindikasi baru nanti dilakukan isolasi isolasi. Dia ada beberapa tempat yang disiapkan seperti di Pulau Galang di Natuna,” jelasnya.

3. Pemerintah daerah diminta menyiapkan protokol lebih ketat untuk TKI yang pulang ke kampung halaman

Wapres: Cegah Virus Corona, TKI dari Malaysia akan Diawasi Ketat Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin (Dok. KIP Setwapres)

Di sisi lain, Ma’ruf juga meminta kepada pemerintah daerah agar membuat protokol yang ketat bagi TKI dari Malaysia tersebut. Hal itu bisa menjadi penangkal masuknya virus corona ke desa-desa tempat TKI itu tinggal.

Ma’ruf juga menjelaskan, pemulangan TKI dari Malaysia dilakukan secara mandiri, artinya pemerintah tidak memfasilitasi kepulangan mereka.

Baca Juga: WNI di Malaysia Dilarang Pulang, Pemerintah Siap Kirim Bantuan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya