Warga Larut dalam Doa dan Zikir di Kuburan Massal Korban Tsunami Aceh

250 ribu orang meninggal akibat gempa dan tsunami Aceh

Jakarta, IDN Times - Usai melaksanakan ibadah Salat Idul Adha 1441 Hijriah, warga Aceh melakukan ziarah ke kuburan massal korban tsunami Aceh 2004 yang terletak di Siron, Ingin Jaya, Aceh Besar. Warga yang berziarah terlihat larut dalam doa dan zikir yang diperuntukkan kepada keluarga yang menjadi korban musibah pada penghujung tahun 2004 itu.

“Kami setiap tahun berziarah kemari, karena mertua dan adik suami yang menjadi korban tsunami tahun 2004 silam dimakamkan di sini," kata Nengsri Mulyani, salah satu penziarah di kuburan massal di Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, seperti dikutip dari kantor berita ANTARA, Jumat (31/7/2020).

1. Nengsri ziarah ke kuburan massal korban tsunami Aceh setiap tahun

Warga Larut dalam Doa dan Zikir di Kuburan Massal Korban Tsunami AcehShalat Idul Fitri 1441 Hijriah di Komplek Masjid Peuleukung, Desa Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Ia menjelaskan, ziarah adalah salah satu kegiatan rutin yang ia dan keluarga besarnya lakukan tiap tahun. Ziarah rutin tersebut termasuk dengan mengunjungi langsung kuburan massal tsunami yang ada di Banda Aceh.

"Kami berziarah tidak setiap hari tapi pada momen-momen tertentu saja, sudah menjadi tradisi kita memang berziarah ke makam keluarga," katanya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Museum Tsunami Aceh Ditutup

2. Berbeda dengan tahun sebelumnya, ziarah kuburan massal kali ini lebih sepi

Warga Larut dalam Doa dan Zikir di Kuburan Massal Korban Tsunami AcehSuasana Salat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Peziarah lainnya, Mulyani mengatakan, ada suasana yang membedakan lebaran Idul Adha tahun ini dengan tahun lalu. Hari ini tidak banyak peziarah yang datang ke kuburan massal karena pandemik COVID-19.

"Biasanya selalu padat, bahkan mobil-mobil parkir harus di luar, karena penziarah yang kemari bukan hanya dari Aceh Besar dan Banda Aceh saja," katanya.

3. Sebanyak 250 ribu orang meninggal dunia akibat gempa M9,2 yang disusul tsunami

Warga Larut dalam Doa dan Zikir di Kuburan Massal Korban Tsunami AcehSuasana Salat Iduladha di Masjid Raya Baiturrahman, Kota Banda Aceh (IDN Times/Saifullah)

Gempa berkekuatan 9,2 skala richter disusul tsunami yang terjadi di Samudera Hindia meluluhlantakkan sebagian Provinsi Aceh. Bencana pada 26 Desember 2004 lalu.

Hal tersebut mengakibatkan lebih dari 250 ribu orang meninggal dunia dan ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal. 

Baca Juga: Cerita Mulyani, Tradisi ke Kuburan Massal Tsunami saat Idul Adha

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya