Comscore Tracker

Waspada! 6 Wilayah Ini Masuk Zona Merah COVID-19, Termasuk Palembang 

Apakah wilayahmu masuk zona merah COVID-19 pekan ini?

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito melaporkan, per Minggu 18 April 2021 pukul 07.00 WIB, jumlah zona merah (risiko tinggi) COVID-19 di Indonesia turun dari 11 menjadi 6 kabupaten/kota. Hal tersebut adalah perkembangan yang cukup baik, mengingat zona merah mengalami peningkatan pada pekan lalu.

Wiku menyebutkan, enam kabupaten/kota yang masuk ke zona merah yaitu Solok, Sumatra Barat; Kota Pekanbaru, Riau; Kota Palembang, Sumatra Selatan; Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur; Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah; dan Buol, Sulawesi Tengah.

"Namun yang terus saya sampaikan, dan mohon menjadi perhatian kita bersama masih tingginya kabupaten/kota di zona oranye," katanya pada konferensi pers virtual di YouTube BNPB Indonesia, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Sempat Masuk Zona Merah, 34 Wilayah Ini Berubah Jadi Zona Oranye

1. Jumlah zona oranye naik menjadi 322 kabupaten/kota

Waspada! 6 Wilayah Ini Masuk Zona Merah COVID-19, Termasuk Palembang Warga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Selanjutnya, Wiku juga melaporkan perkembangan jumlah zona oranye COVID-19 di Indonesia yang terus meningkat. Pada pekan ini, terdapat 322 kabupaten/kota yang masuk zona oranye atau risiko sedang.

"Zona oranye kini meningkat dari 316 kabupaten/kota, menjadi 322 kabupaten/kota," katanya.

2. Ada 7 kabupaten/kota di Jawa Barat naik ke zona oranye pekan ini

Waspada! 6 Wilayah Ini Masuk Zona Merah COVID-19, Termasuk Palembang Warga melintas di dekat mural bergambar simbol orang berdoa menggunakan masker yang mewakili umat beragama di Indonesia di kawasan Juanda, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2020) (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Wiku menjelaskan, peningkatan jumlah zona oranye dikontribusikan dari 37 kabupaten/kota dari zona kuning. Ia merinci bahwa 37 kabupaten/kota itu paling banyak berasal dari Jawa Barat, Lampung, dan Jawa Timur.

"Tujuh kabupaten/kota dari Jawa Barat, enam dari Lampung, dan empat dari Jawa Timur," katanya.

Wiku meminta pemda dari wilayah yang berstatus zona merah dan zona oranye untuk memprioritaskan penanganan COVID-19. Hal itu agar zona risiko wilayahnya tidak semakin memburuk.

3. Jumlah zona kuning dan zona hijau cenderung stabil

Waspada! 6 Wilayah Ini Masuk Zona Merah COVID-19, Termasuk Palembang Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Untuk wilayah berstatus zona kuning atau risiko rendah yaitu mencapai 177 kabupaten/kota. Jumlah tersebut turun satu angka dibandingkan pekan lalu yaitu 178 kabupaten/kota.

"Sedangkan zona hijau jumlahnya tetap (sembilan)," katanya.

Baca Juga: Sempat Masuk Zona Merah, 34 Wilayah Ini Berubah Jadi Zona Oranye

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya