Waspada! DKI Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Hingga 27 Oktober

Camat dan lurah daerah rawan banjir diminta antisipasi

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk 25-27 Oktober 2020. BPBD memprediksi ada potensi terjadinya hujan deras disertai petir dan angin kencang hingga Selasa, 27 Oktober 2020. 

"Potensi itu terjadi disebabkan oleh siklon tropis Molave di daratan Filipina, bergerak ke arah barat dengan tekanan 980 hPa dan kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot," tulis BPBD DKI Jakarta seperti dikutip dari ANTARA, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: BPBD: Banjir Bekasi Terparah di Vila Jatirasa, Ketinggian Air 190 Cm

1. Siklon tropis Malove diperkirakan meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan

Waspada! DKI Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Hingga 27 OktoberIlustrasi (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

BPBD DKI menjelaskan, siklon tropis Molave diperkirakan meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan. Siklon tropis Molave membentuk "low level jet" di sekitar daratan timur Filipina yang dapat meningkatkan curah hujan.

"Dan kecepatan angin hingga lebih dari 25 knot di sekitar wilayah tersebut," sebut BPBD.

2. Camat dan lurah daerah rawan banjir diminta mengantisipasi potensi tersebut

Waspada! DKI Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Hingga 27 OktoberSeorang ibu berdiri di depan rumahnya yang terendam banjir di kawasan permukiman Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020). Banjir tersebut terjadi akibat meluapnya Kali Krukut. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

BPBD DKI Jakarta pun mengeluarkan imbauan kepada para camat dan lurah di daerah rawan banjir atau longsor, untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Masyarakat Jakarta diimbau untuk menghubungi nomor 112, apabila membutuhkan bantuan. 

3. Tiga wilayah Jakarta berpotensi hujan disertai kilat atau petir sore hari ini

Waspada! DKI Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Hingga 27 OktoberIlustrasi Langit Mendung (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Melalui akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta, @BPBDJakarta, masyarakat juga diminta waspada terhadap potensi hujan disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat pada Senin sore (26/10/2020).

Baca Juga: Jakarta Banjir Hingga 1,5 Meter, Ini Daftar Wilayah Terdampak

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya