Comscore Tracker

Wiku: Wilayah Zona Merah Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19

Kesiapan daerah soal vaksinasi dinilai cukup baik 

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara (Jubir) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmita mengatakan, pemerintah pusat terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk memastikan distribusi vaksin COVID-19 berjalan lancar. Wiku menjelaskan, secara umum kesiapan daerah sudah cukup baik.

"Distribusi vaksin akan dilakukan secara bertahap dan diutamakan pada populasi dan wilayah yang berisiko tinggi (zona merah) terjadinya tingkat penularan yang tinggi," kata Wiku pada konferensi pers perkembangan kasus COVID-19, Kamis 24 Desember 2020.

1. Uji klinis tahap tiga Sinovac masih berlangsung

Wiku: Wilayah Zona Merah Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Wiku memaparkan perkembangan uji klinis vaksin Sinovac sampai saat ini. Menurut dia,  uji klinis masih berlangsung dengan kolaborasi Universitas Padjajaran dan PT Bio Farma. Hal itu dilakukan untuk melihat dosis yang aman dan efek samping yang mungkin terjadi jika menggunakan vaksin tersebut.

"Hasil uji klinis akan disampaikan kepada Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM) sebagai syarat untuk dikeluarkannya ermergency use of authorization (EUA)," kata pria lulusan IPB Bogor tahun 1988 sebagai Dokter Hewan itu.

Baca Juga: Vaksin Merah Putih vs Vaksin Sinovac, Apa Bedanya?

2. Vaksin Merah Putih ditargetkan mendapat izin edar pada 2021

Wiku: Wilayah Zona Merah Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Lembaga Eijkman (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tak hanya itu, Indonesia melalui Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman saat ini sedang mengembangkan vaksin Merah Putih. Ditargetkan, setelah lulus uji klinis dan praklinis, izin edarnya dapat dikeluarkan pada 2021.

"Bibit vaksin Merah Putih berpotensi akan diserahkan oleh Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman kepada PT Bio Farma pada triwulan pertama tahun 2021," ujar Wiku.

3. Pemerintah gencar edukasi masyarakat soal pentingnya vaksinasi di tengah pandemik

Wiku: Wilayah Zona Merah Jadi Prioritas Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Wiku juga menyatakan jika pemerintah saat ini sedang gencar mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi pada situasi pandemik COVID-19. Vaksinasi bertujuan agar kekebalan komunitas atau herd Immunity semakin mudah tercapai.

"Pemerintah juga memastikan bahwa vaksin yang nanti digunakan aman, berkhasiat minim efek samping dan tentunya halal," tukas pria berusia 56 tahun tersebut.

Baca Juga: Jokowi Gratiskan Vaksin COVID-19, BI Bantu Danai Pengadaan Vaksin

Topic:

  • Aldzah Fatimah Aditya
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya