Xanana Gusmao Berziarah ke Makam BJ Habibie

Ada dua surat untuk Ilham Habibie

Jakarta , IDN Times - Presiden pertama Timor Leste, Kay Rana Xanana Gusmao, berziarah ke makam BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu
(15/9). Dalam kesempatan tersebut, Xanana didampingi sejumlah mahasiswa Timor Leste yang sedang menempuh pendidikan di Indonesia.

"Mereka (mahasiswa) datang ke makam untuk memberi penghormatan kepada beliau. Jika bukan karena Pak Habibie, mereka tidak akan merasakan kebebasan yang ada hari ini," kata Xanana seperti dikutip dari Antara.

1. Duta Besar Timor Leste dampingi Xanana selama di TMP

Xanana Gusmao Berziarah ke Makam BJ HabibieIDN Times/Aldzah Fatimah

Selain datang bersama dengan mahasiswa Timor Leste, Xanana juga didampingi Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos. Sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto, juga terlihat mendampingi Xanana.

Baca Juga: Sekretaris Pribadi Klarifikasi Video Xanana Gusmao Jenguk Habibie

2. Xanana duduk terdiam beberapa menit setelah tiba di pusara Habibie

Xanana Gusmao Berziarah ke Makam BJ HabibieIDN Times/Aldzah Fatimah

Sesampainya di pusara Habibie, Xanana terlihat duduk terdiam selama beberapa menit. Setelah itu, Xanana meletakkan rangkaian bunga di batu nisan BJ Habibie. Xanana juga menaburkan bunga di atas makam Presiden ke-3 RI itu.

Setelah menaburkan bunga, Xanana kemudian menyematkan kalung rangkaian bunga di batu nisan istri BJ Habibie, Hasri Ainun Besari.

3. Ilham Habibie datang mendampingi Xanana

Xanana Gusmao Berziarah ke Makam BJ HabibieIDN Times/Aldzah Fatimah

Tidak lama setelah prosesi ziarah berlangsung, putra pertama BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, tiba di TMP Kalibata. Xanana pun mengulang penaburan bunga ke makam sembari menggandeng tangan Ilham.

Sebelumnya Xanana sempat datang ke kediaman almarhum BJ Habibie

Sebelumnya Xanana mendatangi kediaman mendiang BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Sabtu (14/9). Kedatangan Xanana untuk menyampaikan rasa dukanya langsung ke llham Habibie.

Dalam pertemuan itu, Xanana memberikan dua surat kepada Ilham Habibie. Satu surat merupakan titipan dari Pemerintah Timor Leste sementara satu lainnya adalah surat pribadi dari Xanana.

Baca Juga: Sekretaris Pribadi Klarifikasi Video Xanana Gusmao Jenguk Habibie

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya