Duka Menyelimuti Keluarga Kru KRI Nanggala-402 Sertu Yoto Eki Setiawan

Istri Sertu Eki Setiawan sedang mengandung

SIAK, IDN Times - Duka menyelimuti kediaman orangtua Sertu Bah Yoto Eki Setiawan kru KRI Nanggala-402 yang gugur saat kapal selam itu tenggelam di perairan Bali. Rumah di Dusun Sri Mersing, Kampung Jati Baru, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau itu pun muram.

Ayah ibu Sertu Bah Yoto Eki Setiawan yakni Kris Handoko dan Rusini mengaku sangat kehilangan. Mereka pun merasa terpukul atas peristiwa yang menimpa anak sulungnya itu.

Baca Juga: Panglima TNI Sempat Tertunduk Sebelum Umumkan Duka KRI Nanggala-402

1. Sertu Eki biasanya selalu pamit setiap akan naik kapal dengan pesan 'jangan berharap Eki kembali'

Duka Menyelimuti Keluarga Kru KRI Nanggala-402 Sertu Yoto Eki SetiawanFoto : Pernikahan Sertu Bah Yoto Eki Setiawan bersama kedua orang tua/ IDN Times, Istimewa

Kesedihan Kris Handoko yang akrab disapa Marno Kumis dan istrinya Rusini bermula saat pemerintah menetapkan 53 awak kapal selam Nanggala 402 gugur dan di Perairan Bali. Anak mereka Sertu Bah Yoto Eki Setiawan turut gugur dalam insiden itu.

"Kami keluarga sangat kehilangan Eki. Mohon doanya ya," ucap Marno Kumis dengan suara menahan tangis saat dihubungi melalui telepon seluler.

Tidak mendapat firasat apa-apa atas peristiwa yang menimpa putra sulungnya itu.

"Biasanya setiap mau naik kapal, Eki pasti nelfon dan selalu bilang jangan berharap Eki kembali," kenangnya.

2. Istri Sertu Bah Yoto Eki Setiawan sedang hamil

Duka Menyelimuti Keluarga Kru KRI Nanggala-402 Sertu Yoto Eki SetiawanFoto : Tangkapan Layar dari Instagram Istri Sertu Bah Yoto Eki Setiawan/ IDN Times, Istimewa

Marno Kumis bersama Rusini memperoleh informasi tentang kapal selam itu pada Kamis (22/4/2021) melalui salah satu stasiun televisi. Mendapati informasi tersebut, Marno mengontak keluarga dan menantunya yang saat ini berada di Sidoarjo, Jawa.

"Istrinya lagi hamil, dia baru menikah. Mereka sekarang tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur," jelasnya.

Rusini yang merasa sangat terpukul karena kehilangan putranya tersebut, belum bisa berbicara banyak kepada awak media.

"Sudah yatim cucu ku masih dalam kandungan," kata Rusini pecah tak tahan menahan kesedihan.

Baca Juga: Keluarga Kru Kapal KRI Nanggala Datangi Mako Lanal Banyuwangi

3. Di Mata warga, Sertu Eki sosok yang gigih

Duka Menyelimuti Keluarga Kru KRI Nanggala-402 Sertu Yoto Eki SetiawanFoto : Suasana di rumah kediaman orang tua Sertu Bah Yoto Eki Setiawan/IDN Times, Istimewa

Sementara itu, Kepala Dusun Srimersing, Gatot, menceritakan Eki Setiawan adalah pemuda yang gigih. Dia adalah anak pertama dari enam bersaudara.

“Benar, itu anaknya pak Kris Handoko Alias pak Marno Kumis, beliau adalah Sertu Bah Yoto Eki Setiawan, anak pertamanya itu," kata Gatot.

Dia mewakili arga dusunnya pun berdoa Eki yang telah menjadi korban tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402.

“Kami bersama masyarakat Dusun Srimersing bahkan masyarakat Kecamatan Bungaraya merasa sangat kehilangan beliau. Semoga beliau diberikan tempat yang layak di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, amin,” ungkapnya.

Baca Juga: Pesan Komandan KRI Nanggala-402: Doakan Kami jika Muncul di Berita

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya