Comscore Tracker

Alasan-alasan Inilah yang Membuat Kota Malang Kerap Dilanda Banjir

Kompleks pokoknya!

Malang, IDN Times - Curah hujan yang tinggi membuat beberapa daerah pun dilanda banjir. Salah satunya adalag Kota Malang. Dengan kondisi geografis yang lebih rendah dari Kota Batu, Kota Malang rawan menjadi wilayah yang banjir kiriman. Hal ini juga diperparah dengan berbagai pelanggaran seperti alih fungsi saluran air.

1. Sepanjang aliran sungai di Kota Malang menjadi titik rawan

Alasan-alasan Inilah yang Membuat Kota Malang Kerap Dilanda BanjirIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Akademisi yang juga merupakan Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah Kota (PWK) Institut Teknologi Nasional Malang, Agustina Nurul Hidayati menjelaskan bahwa selama ini bencana paling potensial terjadi di Kota Malang adalah air meluap. Ketika curah hujan di Kota Batu dan sekitarnya tinggi, otomatis Kota Malang turut terkena imbas dengan peningkatan volume air di aliran sungai. Belum lagi sejumlah aliran sungai di Kota Malang juga sudah banyak yang beralih fungsi. 

"Posisi Malang yang berada di lereng yang lebih rendah menjadi jalur run off air kiriman. Terlebih, di kawasan yang lebih tinggi saat ini sudah banyak yang terbangun. Hal itu membuat air yang turun volumenya menjadi lebih besar," terangnya Jumat (22/1/2021). 

2. Drainase tak maksimal

Alasan-alasan Inilah yang Membuat Kota Malang Kerap Dilanda BanjirIlustrasi Banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam beberapa hari terakhir, ketika hujan deras tiba, beberapa kawasan di Kota Malang memang tergenang air. Agustina menyebut hal ini terjadi lantaran banyak saluran air yang banyak diubah menjadi bangunan. Kondisi ini terkadang disiasati dengan pemasangan box culvert berbentuk U-ditch. Namun, upaya ini membuat air tak terserap ke tanah. 

"Secara tidak langsung ini menjadikan air hanya lewat saja dan ketika sampai ada titik yang terhambat sampah, maka air akan meluap," tambahnya. 

Baca Juga: Rumah Longsor Tergerus Sungai, Satu Orang di Kota Malang Hilang

3. Banyak bangunan masuk ke sungai

Alasan-alasan Inilah yang Membuat Kota Malang Kerap Dilanda BanjirIlustrasi Bumi (IDN Times/Mardya Shakti)

Permasalahan lain yang semakin pelik adalah banyak alih fungsi sempadan sungai menjadi bangunan. Bahkan tak sedikit bangunan yang hingga masuk ke daerah aliran sungai. Padahal harusnya ada jarak tertentu dari bibir sungai yang tidak boleh dibangun bangunan. 

"Seperti misal di kawasan Jl Gajayana yang seharusnya ada aliran sungai tetapi banyak bangunan yang masuk ke aliran sungai. Ini bisa membahayakan," terangnya. 

4. Banyak pengembang nakal

Alasan-alasan Inilah yang Membuat Kota Malang Kerap Dilanda BanjirIlustrasi Perumahan Suku Irian (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain perkampungan, banyak juga jalur aliran sungai di Kota Malang yang tertutup oleh perumahan oleh para pengembang nakal. Sementara, pemerintah sendiri kesulitan untuk melakukan penindakan.

"Kenakalan-kenakalan ini sampai sejauh masih sulit untuk ditangani. Memang kalau bangunan yang ada perkuatan dengan plengsengan itu bisa batas minimalnya 5 meter. Tetapi itu juga masih berbahaya," tandasnya. 

Baca Juga: Longsor Maut di Perumahan Malang, Polisi Tunggu Evaluasi Perizinan

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya