BNPT Gandeng Pemkab Malang, Bangun Kawasan Terpadu Eks Napiter 

Libatkan mantan teroris untuk kembangkan kawasan   

Malang, IDN Times – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng Pemerintah Kabupaten Malang untuk mengembangkan kawasan terpadu bagi eks narapidana terorisme (napiter). Rencana tersebut menjdi pilot project nasional yang dicanangkan pemerintah pusat. Malang dipilih lantaran memiliki potensi bagus di Jawa Timur. Selain itu, pemerintah juga menyiapkan proyek serupa di provinsi Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

1. Konsep yang dibawa adalah deradikalisasi berbasis ekonomi

BNPT Gandeng Pemkab Malang, Bangun Kawasan Terpadu Eks Napiter Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar saat memberikan paparan di Pendopo Kabupaten Malang. Dok/Humas Polresta Malang Kota

Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar menjelaskan bahwa konsep yang ditawarkan adalah pengembangan kawasan terpadu untuk deradikalisasi berbasis ekonomi. Nantinya, kawasan tersebut bakal menjadi pusat rehabilitasi dan deradikalisasi bagi para napiter sebelum kembali ke masyarakat. Tawaran itu pun disambut terbuka oleh Pemkab Malang. 

“Kami berterimakasih karena konsep kawasan khusus terpadu nusantara yang sudah disampaikan  mendapatkan respons yang sangat positif. Bahkan pak bupati menyambut dengan baim dan siap membantu pengembagan kawasan khusus terpadu nusantara itu,” paparnya saat berkunjung ke Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (24/8/2021).

2. Untuk reintegrasi sosial dengan masyarakat

BNPT Gandeng Pemkab Malang, Bangun Kawasan Terpadu Eks Napiter Ilustrasi Bom (Teroris) (IDN Times/Mardya Shakti)

Fungsi dari pembentukan kawasan khusus terpadu nusantara difokuskan pada beberapa hal. Selain untuk fungsi ekonomi, kawasan tersebut bakal dikembangkan untuk kawasan wisata dan deradikalisasi. Para eks napiter yang sebelumnya sudah menjalani hukuman bakal masuk ke tempat tersebut untuk menjalani proses reintegrasi sosial dengan masyarakat.

"Para napiter ini nantinya akan diberdayakan untuk melakukan aktivitas di kawasan ini. Bisa diberdayakan dibidang pertanian, perikanan, perkebunan dan peternakan. Ini sekaligus juga melatih mereka untuk bisa membaur dengan masyarakat umum lagi," tambahnya. 

3. Untuk penanggulangan terorisme

BNPT Gandeng Pemkab Malang, Bangun Kawasan Terpadu Eks Napiter Kepala BNPT, Komjen Boy Rafli Amar saat pemaparan di Pendopo Kabupaten Malang. Dok/Humas Polresta Malang Kota

Lebih jauh, Boy menambahkan bahwa proyek ini sekaligus juga menjadi upaya penanggulangan terorisme di Indonesia. Pasalnya para eks napiter tersebut dalam proses membaur dengan masyarakat akan terjadi saling tukar informasi. Hal tersebut tentu bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar tak turut terjerumus dalam lingkaran terorisme. Sekaligus juga mempersiapkan kehidupan baru bagi para eks napiter. 

"Konsep ini sekaligus juga penanggulangan terorisme berbasis pembangunan kesejahteraan," sambungnya. 

Baca Juga: BNPT Tegaskan Penangkapan Teroris Tak Ada Kaitan dengan Taliban

4. Teknis akan segera dibicarakan

BNPT Gandeng Pemkab Malang, Bangun Kawasan Terpadu Eks Napiter Ilustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat ini pihak BNPT bakal menindaklanjuti rencana tersebut. Terutama untuk pembahasan teknis dengan Pemprov Jatim dan Pemkab Malang mengenai lahan. Pasalnya belum ada gambaran di wilayah mana rencananya kawasan tersebut bakal dibangun di Kabupaten Malang. 

"Untuk poin-poin detailnya akan segera dibahas. Jadi masih memerlukan rapat teknis lebih lanjut, yang akan melibatkan tim sinergitas BNPT dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, serta pemilik wilayah yakni Kabupaten Malang,” tandasnya. 

Baca Juga: BNPT Tunggu Keputusan Menteri Terkait Pemulangan 1.000 WNI dari Suriah

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya