Buka Mukernas, Wapres Minta Muslimat NU Ikut Kembangkan UMKM 

UMKM sebagai salah satu penyokong ekonomi nasional  

Batu, IDN Times - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin meminta kepada warga Muslimat NU untuk turut andil dalam mengembangkan usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Hal tersebut disampaikan wapres saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) secara virtual di Hotel Singhasari, Kota Batu, Kamis (29/10/2020). Dalam kesempatan tersebut wares juga menilai bahwa Muslimat NU merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi mikro melalui UMKM lokal. 

1. UMKM kini juga jadi prioritas pemerintah

Buka Mukernas, Wapres Minta Muslimat NU Ikut Kembangkan UMKM Pembukaan mukernas dan rakernas Muslimat NU di Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menilai bahwa peran Muslimat NU dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, saat ini Muslimat NU telah berhasil mengembangkan 144 koperasi primer serta 9 pusat koperasi sebagai komitmen memajukan UMKM. Tentu saja hal itu sejalan dengan upaya pemerintah yang memang mulai memprioritaskan pengembangan UMKM untuk meningkatkan perekonomian. 

"Pada saat inilah keberpihakan pemerintah terhadap UMKM yang mayoritas dikelola umat sangat besar," terangnya Kamis (29/10/2020). 

2. Siapkan fasilitas melalui bank wakaf mikro

Buka Mukernas, Wapres Minta Muslimat NU Ikut Kembangkan UMKM Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin hadir secara virtual saat pembukaan mukernas dan rakernas Muslimat NU. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, pemerintah kini juga memberikan fasilitas kepada masyarakat untuk pengembangan usaha mikro melalui Bank Wakaf Mikro. Bank Wakaf Mikro ini nantinya akan melayani kalangan usaha kecil yang memerlukan modal usaha. Hal itu memang sengaja disiapkan pemerintah guna mempermudah bagi para pelaku usaha mikro untuk bisa mengembangkan usaha mereka. 

"Pemerintah juga akan melakukan intervensi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang ada dalam Kementerian Koperasi-UKM, dan melalui KUR Syariah yang ada di bank-bank syariah, baik untuk usaha mikro, kecil, ataupun menengah," tambahnya.

3. Harapkan Muslimat NU bisa maksimalkan fasilitas

Buka Mukernas, Wapres Minta Muslimat NU Ikut Kembangkan UMKM Perwakilan muslimat NU dari berbagai provinsi di Indonesia saat pembukaan mukernas dan rakernas. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk itu, Ma'ruf Amin mengharapkan Muslimat NU dapat memanfaatkan seluruh perangkat dan kemudahan yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan dan memajukan UMKM. Menurutnya Muslimat NU dengan kekuatan struktur dan jaringan anggota yang menyebar di seluruh Indonesia tentu akan sangat bisa memberikan dampak positif untuk UMKM. 

"Kehadiran Muslimat NU sangat strategis sebagai mitra pemerintah dalam membangun dan memberdayakan umat," sambungnya. 

Baca Juga: Ma’ruf Amin: Era Digital Bikin Banyak Orang Terjebak Mental Pencitraan

4. Muslimat NU punya peran penting dalam pencegahan COVID-19

Buka Mukernas, Wapres Minta Muslimat NU Ikut Kembangkan UMKM Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin saat membuka Mukernas dan Rakernas Muslimat Nu melaui virtual di Hotel Singhasari Kota Batu. IDN Times/Alfi Ramadana

Di sisi lain, wapres menyebut bahwa Muslimat NU adalah organisasi yang mampu mengangkat harkat dan martabat perempuan Indonesia melalui bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, da’wah, dan sosial. Bahkan dalam situasi pandemik COVID-19 ini, Muslimat NU tetap punya peran strategis sebagai mitra pemerintah untuk pencegahan COVID-19. 

"Muslimat NU juga turut aktif melaksanakan berbagai program kegiatan, termasuk memotivasi, mengedukasi, dan mendampingi masyarakat dalam menanggulangi COVID-19. Mereka juga turut serta mengampanyekan adaptasi kehidupan baru dengan mengedepankan protokol kesehatan," tandasnya. 

Baca Juga: Jurus Andalan Erick Thohir untuk Bikin UMKM Naik kelas

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya