Comscore Tracker

Cerita Petugas KPPS yang Sempat Cemas Datangi Warga Isolasi Mandiri 

Tetap kuatkan diri jalankan kewajiban  

Malang, IDN Times - Menjalankan pemungutan suara di tengah pandemik COVID-19 memang harus ekstra waspada. Selain warga yang dalam kondisi sehat, petugas KPPS juga harus melayani warga yang dalam keadaan positif COVID-19. Baik yang isolasi mandiri maupun yang dirawat di rumah sakit.

Hal itu seperti dialami Tinton Alfi, petugas KPPS 7 Kelurahan Ardirejo, Kepanjen Kabupaten Malang. Dirinya harus mendatangi pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri. Biar bagaimanapun, pasien COVID-19 tetap punya hak pilih.

1. Sempat agak cemas

Cerita Petugas KPPS yang Sempat Cemas Datangi Warga Isolasi Mandiri Petugas KPPS memakai hazmat lengkap datangi warga isolasi mandiri. Dok/istimewa

Tinton menceritakan, ketika mendatangi warga yang sedang isolasi mandiri, dirinya sedikit merasa cemas. Tetapi, dirinya kemudian memilih untuk tetap melaksanakannya dengan tetap menggunakan baju hazmat lengkap. 

"Kalau dirasakan pasti cemas. Tetapi bagaimana lagi ini bagian dari tugas. Kami harus menyelesaikan kewajiban melayani," ungkapnya kepada IDN Times, Rabu (9/12/2020).

2. Tidak ada yang mau mengajukan diri jadi relawan

Cerita Petugas KPPS yang Sempat Cemas Datangi Warga Isolasi Mandiri Petugas mendatangi warga yang sedang isolasi mandiri agar bisa menyalurkan hak pilihnya. Dok/istimewa

Tinton menambahkan, dirinya memang ditunjuk oleh KPPS. Pasalnya, sebelumnya tak ada yang tidak mau mengajukan diri sebagai relawan untuk mendatangi masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri. Lantaran sudah dipilih, maka dirinya tetap berupaya menjalankan tugas tersebut dengan sebaik-baiknya. 

"Jadi karena tidak ada yang mengajukan maka ditunjuk langsung oleh PPS," tambahnya. 

Baca Juga: Coblosan Tetap Jalan Meski 1500 Petugas KPPS di Malang Reaktif

3. Ada 9 warga yang isolasi mandiri

Cerita Petugas KPPS yang Sempat Cemas Datangi Warga Isolasi Mandiri Petugas KPPS memakai hazmat lengkap datangi warga isolasi mandiri. Dok/istimewa

Sementara itu, Ketua KPPS Ardirejo, Muhammad Fairus menjelaskan,untuk wilayah TPS Ardirejo, Kepanjen, ada sekitar 9 orang warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. Rinciannya adalah 2 orang di TPS 4 dan 4 orang di TPS 7.

"Jadi karena di dalam bilik hanya ada satu kotak, proses pelaksanaan pemungutan suara dilakukan di rumah isolasi. Untuk surat suara dimasukkan dalam amplop yang bersegel," jelasnya. 

4. Satu petugas disiapkan untuk datangi warga

Cerita Petugas KPPS yang Sempat Cemas Datangi Warga Isolasi Mandiri Petugas KPPS datang ke rumah warga yang isolasi mandiri. Dok/Istimewa

Untuk melayani warga yang isolasi mandiri, memang ada petugas KPPS yang datang. Petugas datang menggunakan baju hazmat lengkap dengan membawa kebutuhan logistik seperti surat suara dan alat coblos. 

"Satu petugas satu hazmat dan mendatangi warga yang isolasi mandiri," sebutnya.

Baca Juga: Petugas KPPS di Gresik Berdandan ala Koboi, Bawa 'Senjata' Thermo Gun 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya