Comscore Tracker

Dinkes Kota Malang Pastikan Tetap Lanjutkan Vaksinasi Saat Ramadan   

Vaksinasi tidak membatalkan puasa  

Malang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Malang memastikan proses vaksinasi COVID-19 tetap berjalan selama Ramadan. Proses vaksinasi di Kota Malang sendiri saat ini fokus pada lansia serta tahap kedua untuk petugas pelayanan publik. Untuk lansia sendiri, proses vaksinasi dilakukan secara drive thru atau layanan tanpa turun untuk memudahkan masyarakat. 

1. Vaksinasi tidak membatalkan puasa

Dinkes Kota Malang Pastikan Tetap Lanjutkan Vaksinasi Saat Ramadan   Dandim 0833, Letkol Arm Ferdian Primadona disuntik vaksin. IDN Times/Alfi Ramadana

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan bahwa proses vaksinasi mengacu pada fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI menyatakan bahwa vaksinasi COVID-19 selama Ramadan tidak membatalkan puasa. 

"Proses vaksinasi COVID-19 tetap dilaksanakan. Karena MUI juga telah  mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi boleh dilaksanakan selama bulan puasa," katanya, Rabu (14/4/2021). 

Baca Juga: Gemas! Lansia di Surabaya Dibawa Pakai Odong-odong Agar Mau Vaksinasi

2. Stok vial vaksin masih tersedia

Dinkes Kota Malang Pastikan Tetap Lanjutkan Vaksinasi Saat Ramadan   Anjar Rahmansyah, penyandang disabilitas netra didampingi Wali Kota Malang, Sutiaji saat menjalani screening sebelum disuntik vaksin. IDN Times/Alfi Ramadana

Husnul menambahkan bahwa saat ini vial vaksin masih tersedia di Dinkes Kota Malang. Kalaupun stok vial vaksin sudah menipis, Dinkes Kota Malang tinggal menunggu pengiriman berikutnya. 

"Untuk proses vaksin sendiri mengikuti jam kerja Nakes ASN selama Ramadan. Hari Senin sampai Kamis masuk pukul 08.00-15.00 WIB dan di hari Jumat pukul 08.00-15.30 WIB," tambahnya. 

3. Kota Malang sudah terima 105.220 dosis vaksin

Dinkes Kota Malang Pastikan Tetap Lanjutkan Vaksinasi Saat Ramadan   Ilustrasi Menyuntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Sampai  1 April 2021, Kota Malang sudah menerima sebanyak 105.220 dosis vaksin. Dari jumlah tersebut yang telah digunakan sebanyak 96.615 dosis. Sejauh ini proses vaksinasi mencapai 91 persen dari total vial vaksin yang tersedia. Untuk sasaran yang sudah divaksinasi, ada sebanyak 32.850 tenaga kesehatan, 58.288 pelayan publik dan 5.577 untuk lansia.

"Kami tetap melakukan aktivitas vaksinasi secara maksimal selama ramadan," tandasnya. 

Baca Juga: Jalani Vaksinasi, Para Lansia di Jakarta Dijemput Pakai Motor dan Bus

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya