Comscore Tracker

Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  

Pendaki wajib sudah vaksinasi 

Batu, IDN Times - Kabar gembira bagi para pecinta wisata alam. Pendakian ke gunung Arjuno dan Welirang sudah dibuka mulai tanggal 19 September kemarin. Pembukaan tersebut dilakukan untuk dua jalur pendakian, yakni Purwosari dan Tretes. Pembukaan dilakukan lantaran wilayah Pasuruan saat ini sesuai InMendagri sudah berada pada level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

1. Jalur pendakian Kota Batu masih tutup

Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  Instagram/upttahuraradensoerjo

Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo, Ahmad Wahyudi menjelaskan bahwa pembukaan jalur pendakian Arjuni Welirang baru untuk dua jalur. Sementara jalur dari Kota Batu dan Malang masih belum. Lantaran sesuai InMendagri terakhir, status wilayah Malang Raya masih berada pada level 3 PPKM. InMendagri tersebut berlaku hingga tanggal 4 Oktober mendatang. 

"Untuk jalur dari Kota Batu masih belum. Karena kami berpatokan pada InMendagri terakhir," urainya Selasa (21/9/2021). 

2. Antusiasme pendaki masih minim

Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  Instagram/upttahuraradensoerjo

Meskipun sudah dibuka, Wahyudi menambahkan bahwa antusiasme pendaki masih minim. Tercatat baru 38 orang yang sudah melakukan pendakian ke Arjuno Welirang setelah resmi dibuka kembali. Rinciannya 20 orang melalui jalur Tretes dan 18 orang melalui jalur Purwosari, Pasuruan. 

"Biasanya pendakian ke Arjuno itu, ramainya saat akhir pekan. Kalau tengah pekan seperti ini sepi. Bahkan tidak ada yang naik," tambahnya. 

3. Wajib sudah vaksinasi

Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  Instagram/upttahuraradensoerjo

Ada satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi calon pendaki. Mereka harus sudah menjalani vaksinasi sebelum mendaki. Hal itu dibuktikan dengan scan barcode aplikasi Peduli Lindungi saat tiba di base camp pintu masuk sebelum memulai pendakian. Mereka yang belum menjalani vaksinasi tidak diperkenankan melakukan pendakian. 

"Selain harus sudah vaksin, calon pendaki juga harus menyertakan surat keterangan sehat saat akab memulai pendakian," sambungnya. 

Baca Juga: Gunung Arjuno Padam, Giliran Welirang Kebakaran

4. Tak layani tiket on the spot

Dua Jalur Pendakian ke Arjuno Welirang Sudah Dibuka  Instagram/upttahuraradensoerjo

Satu lagi hal yang harus dilakukan oleh calon pendaki adalah memesan tiket secara online. Pengelola untuk sementara tidak melayani pembelian tiket on the spot. Semua pendaki yang akan naik ke Arjuno Welirang harus sudah memesan tiket online di website yang sudah disediakan pengelola. 

"Kalau misalnya ada pendaki yang nekat datang tanpa pesan tiket online terlebih bisa dipastikan akan ditolak dan tidak dilayani," pungkasnya. 

Baca Juga: Info Wisata Gunung Arjuno via Purwosari: Booking hingga Pendakian

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya