Gempa Malang, BPBD: Belum Ada Info Kerusakan 

Masih lakukan penyisiran di lapangan  

Malang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang masih belum menerima laporan kerusakan gempa bumi di Malang. Peristiwa gempa sendiri terjadi pada Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 09.21 WIB dengan magnitudo mencapai 5,3. Gempa berlangsung sangat cepat dalam tempo kurang dari 20 detik. 

1. Masih terus lakukan pendataan

Gempa Malang, BPBD: Belum Ada Info Kerusakan Ilustrasi Longsor (IDN Times/Mardya Shakti)

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan bahwa hingga siang ini bel ada laporan yang masuk mengenai kerusakan di lapangan. Namun demikian, tim dari BPBD sudah berupaya melakukan pendataan untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak. "Sejauh ini belum ada laporan kerusakan," paparnya Jumat (22/10/2021). 

Baca Juga: [BREAKING] Gempa M 5.3 Guncang Malang

2. Berharap tak ada kerusakan

Gempa Malang, BPBD: Belum Ada Info Kerusakan Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih jauh, Sadono meminta masyareakt untuk tidak panik dan tetap tenang. Namun demikian, ia juga meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati. Tetapi bukan berarti masyarakat harus ketakutan dan tak beraktivitas sama sekali. "Semoga tidak sampai ada kerusakan. Kami tetap meminta masyarakat untuk waspada," imbuhnya. 

3. Dirasakan hingga beberapa wilayah

Gempa Malang, BPBD: Belum Ada Info Kerusakan Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sepertii diketahui, gempa bumi mengguncang Malang. BMKG mencatat gempa berkekuatan Magnitudo 5,3 terjadi pada pukul 09.21 WIB. Gempa berpusat di koordinat 8,84 LS, 112,51 BT atau 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 33 kilometer di bawah permukaan air laut. Gempa tersebut juga dirasakan di beberapa wilayah mulai Jember, Lumajang, Pasuruan, Malang, Blitar, Trenggalek hingga Pacitan. 

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,3 di Malang, Warga Terkejut   

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya