Comscore Tracker

Genjot Vaksinasi Wilayah Kepulauan, Pemprov Siapkan Dua Kapal  

Sasar kepulauan yang sulit dijangkau  

Malang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan dua kapal untuk percepatan vaksinasi. Untuk personel yang dilibatkan nantinya berasal dari kampus-kampus yang ada di Jawa Timur seperti Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Kedua kapal tersebut dikerahkan untuk mendatangi wilayah kepulauan yang sejauh ini belum tersentuh vaksinasi di kawasan Provinsi Jawa Timur. 

1. Juga untuk layanan kesehatan

Genjot Vaksinasi Wilayah Kepulauan, Pemprov Siapkan Dua Kapal  Khofifah saat meninjau vaksinasi di Universitas Brawijaya. Dok/Istimewa

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa dua kapal tersebut tidak hanya digunakan untuk percepatan vaksinasi saja. Kapal itu juga akan dimaksimalkan untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di wilayah kepulauan. 

"Ada dua kapal milik Pemprov Jatim yang bisa dimanfaatkan. Rencananya memang akan dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan kesehatan untuk kawasan kepulauan," paparnya Sabtu (18/9/2021). 

2. Akan dikelola dua kampus

Genjot Vaksinasi Wilayah Kepulauan, Pemprov Siapkan Dua Kapal  Khofifah saat melihat langsung vaksinasi di UB. Dok/istimewa

Lebih jauh, mantan Menteri Sosial itu menyebut bahwa untuk pengoperasian dua kapal tersebut nantinya bakal dilakukan oleh dua kampus yakni Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Nantinya, kapal akan berfokus mendatangi wilayah-wilayah yang sulit dijangkau kendaraan darat. 

"Satu kapal sudah kami komunikasikan dan kemudian sudah berlayar bersama unair. Berikutnya ada satu kapal lagi yang akan bisa dimanfaatkan untuk pelayanan kesehatan oleh Universitas Brawijaya," tambahnya. 

3. UB siap jalankan kapan tersebut

Genjot Vaksinasi Wilayah Kepulauan, Pemprov Siapkan Dua Kapal  Khofifah Indar Parawansa saat menyampaikan sambutan di UB. Dok/Istimewa

Sementara itu, Rektor Universitas Brawijaya Malang, Prof Nuhfil Hanani menyebut bahwa UB siap menjalankan kapal tersebut. Sesuai dengan target yang ditetapkan yakni untuk memberikan pelayanan kesehatan, juga untuk percepatan progran vaksinasi bagi masyarakat.

"Kami siap melaksanakan amanah tersebut. Untuk menjangkau wilayah-wilayah yang sulit dijangkau melalui darat," jelasnya. 

Terpisah, Direktur Rumah Sakit Umum Brawijaya (RSUB), Sri Andarini menambahkan bahwa kini pihaknya saat ini sedang mempersiapkan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk rencana operasional kapal tersebut. Nantinya beberapa fakultas di Universitas Brawijaya seperti kedokteran,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik termasuk perikanan. 

"Kami akan koordinasikan hal ini dengan fakultas lain untuk mewujudkan rencana dari Pemprov Jatim," pungkasnya. 

Baca Juga: Vaksinasi D1 di Surabaya Hampir 100 Persen, Catat Jadwal Minggu Ini!

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya