Comscore Tracker

HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten Malang

Anggap Bumdes belum terkelola dengan baik  

Malang, IDN Times - Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Malang nomor urut 3, Hery Cahyono - Gunadi Handoko berjanji akan memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Ia berencana membuat program holding Bumdes. Program tersebut berfungsi untuk membuat standarisasi manajemen, standarisasi bisnis pokok dan standarisasi bisnis yang spesifik sesuai potensi daerah. 

1. Bumdes kehilangan induk

HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten MalangInstagram/malangjejeg

Hery menilai bahwa selama ini peran Bumdes bagai ayam kehilangan induk. Hal itu terlihat jika ada sesuatu masalah yang dihadapi, Bumdes cenderung belajar dari orang lain di luar struktur yang seharusnya. Permasalahan tersebut muncul lantaran sumber daya manuasia yang mengelola masih belum sepenuhnya memiliki kemampuan. 

"Selama ini mereka ini tidak tahu bagaimana mengelola sebuah usaha," paparnya saat debat kedua Pilkada Kabupaten Malang, Jumat (20/11/2020). 

2. Tidak melulu soal uang

HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten MalangInstagram/malangjejeg

Lebih jauh, pria yang akrab disapa Sam HC itu menyebut bahwa selama ini banyak orang salah persepsi terhadap pengelolan sebuah usaha. Sebagian besar menganggap bahwa untuk membangun usaha perlu uang yang memadai. Padahal membangun usaha sama halnya dengan membangun rumah. 

"Hal yang paling penting adalah pondasi. Kalau pondasinya saja tidak ada maka jangan harap usahanya akan kuat," imbuhnya. 

3. Produk belum terstandarisasi

HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten MalangIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Masalah lain yang masih sering terjadi adalah produk yang tidak memiliki standar jelas. Belum lagi kapasitas SDM yang belum memadai. Hal itu akhirnya membuat Bumdes tak berkembang dan sulit untuk bisa bersaing dan mengangkat potensi masing-masing desa. 

"Holding Bumdes ini sama halnya dengan holding BUMD yang akan menetapkan standar untuk manajemen, pengelolaan dan lainnya," sambungnya.

4. Holding sebagai pendamping Bumdes

HC-Gunadi Siapkan Holding untuk Dampingi Bumdes di Kabupaten MalangInstagram/malangjejeg

Hery menyebut bahwa peran holding ini akan sangat krusial untuk Bumdes. Jika Bumdes mengalami kesulitan maka, holding akan menjadi induk yang bisa membantu kebutuhan Bumdes. 

"Semisal Bumdes kesulitan mengembangkan potensi lokal, maka bisa meminta bantuan kepada holding untuk melakukan survey potensi di wilayahnya," tandasnya. 

Baca Juga: Debat Kedua Pilkada Surabaya, ERJI Jamin Lansia di Surabaya

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya