Comscore Tracker

Imlek di Tengah Pandemik, Prosuden Lampion di Malang Sepi Pesanan  

Tetap semangat, Pak!

Malang, IDN Times - Produksi lampion jelang perayaan Imlek tahun 2021 mengalami penurunan. Hal itu lantaran kondisi pandemik COVID-19 yang masih terus berjalan. Salah satu sentra produksi lampion di Jalan Juanda, Kota Malang cukup merasakan dampaknya.

1. Pesanan menurun jauh dibanding tahun lalu

Imlek di Tengah Pandemik, Prosuden Lampion di Malang Sepi Pesanan  Produksi lampion menurun sejak pandemik COVID-19 melanda. IDN Times/Alfi Ramadana

Ahmad Samsudin, salah satu perajin lampion menjelaskan, tahun pesanan lebih sepi daripada tahun sebelumnya. Tahun ini dirinya hanya menerima pesanan 1.500 lampion. Padahal, tahun sebelumnya, ketika menjelang Imlek, dirinya bisa menerima pesanan 5.000 hingga 6.000 lampion. 

"Tahun ini banyak yang tidak memesan. Pesanan dari luar kota juga tidak sebanyak biasanya," ucapnya, Rabu (10/2/2021). 

2. Pesanan dari luar negeri tidak ada

Imlek di Tengah Pandemik, Prosuden Lampion di Malang Sepi Pesanan  Proses produksi lampion di Kampung Jl Juanda Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Tahun ini Ahmad juga tidak lagi mendapat pesanan dari Italia. Padahal, biasanya dia selalu mendapat pesanan dari salah satu produk minuman asal negeri pizza tersebut. Lantaran terdampak pandemik, produk minuman itu jauh-jauh hari sudah mengabarkan ke Ahmad kalau mereka tidak memesan lampion.

"Biasanya tiap tahun pasti kirim ke Italia antara 2.500 sampai 3.000 lampion. Tapi tahun ini tidak mengirim," tambahnya. 

Baca Juga: Jelang Imlek, Produsen Dupa Beraroma di Kota Malang Laris Manis

3. Sejak pandemik pemesanan lampion tidak banyak

Imlek di Tengah Pandemik, Prosuden Lampion di Malang Sepi Pesanan  Produksi lampion masih tetap berlangsung meskipun tidak banyak. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejak awal pandemik produksi lampion milik Ahmad memang merosot drastis. Bahkan, Imlek yang identik dengan lampion pun tak bisa mengatrol pesanan. Perayaan Imlek tahun ini diprediksi akan banyak dihabiskan di dalam rumah.

"Sebenarnya kalau bahan baku masih aman. Hanya memang pemesannya tidak banyak," keluhnya. 

4. Tetap bertahan di tengah kondisi sulit

Imlek di Tengah Pandemik, Prosuden Lampion di Malang Sepi Pesanan  Produksi lampion menurun sejak pandemik COVID-19 melanda. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski pesanan tak terlalu banyak, Ahmad tetap berupaya untu bertahan di tengah situasi sulit seperti sekarang. Soalnya, Ahmad sudah menggeluti usaha lampion itu hampir dua dasawarsa.

"Saya produksi sudah mulai 2004. Tahun ini memang pesanan tidak banyak, tetapi tetap kami syukuri," Ahmad mengatakan.

Baca Juga: Imlek di Surabaya Diimbau Serbaonline, Angpau Bisa Ditransfer

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya