Comscore Tracker

Jantung Sempat Bengkak, Cerita Walkot Malang Sembuh dari COVID-19

Sempat bermimpi bertemu orangtua dan nenek  

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji sudah dinyatakan negatif COVID-19 berdasar hasil swab kedua pada tengah pekan lalu. Kondisi tersebut membuat orang nomor satu di Kota Malang itu kini mulai kembali baraktifitas normal. Sebelumnya, selama kurang lebih dua pekan, Sutiaji melakukan isolasi mandiri di rumah dinas Wali Kota Malang.

Baca Juga: Positif COVID-19, Sutiaji Sempat Bertemu Bupati Situbondo 

1. Alami gejala cukup parah

Jantung Sempat Bengkak, Cerita Walkot Malang Sembuh dari COVID-19Walikota Malang, Sutiaji saat melohat langsung proses rapid test di Pasar Induk Gadang. Dok/Humas Pemkot Malang

Sutiaji mengumumkan dirinya positif COVID-19 pada 1 Desember lalu melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya. Sebelum mengumumkan positif, ia memang sudah tak beraktifitas sepekan sebelumnya. Saat itu, Pemkot menyebut kondisi fisiknya menurun. Selama masa isolasi, Sutiaji mengakui bahwa dirinya sempat mengalami gejala yang cukup parah. Bahkan, dirinya sempat mengalami pembengkakan jantung.

"Muncul flek setelah jantung saya agak lembek dan membengkak sehingga nafas saya agak tersengal-sengal," terangnya Senin (14/12/2020). 

2. Sempat alami kekhawatiran

Jantung Sempat Bengkak, Cerita Walkot Malang Sembuh dari COVID-19Sutiaji saat melihat kesiapan hotel menyambut momen libur panjang. IDN Times/Alfi Ramadana

Dalam masa perawatan dan isolasi tersebut, Sutiaji juga sempat mengalami kekhawatiran. Terutama terkait kematian yang sempat membayanginya. Terlebih dalam proses isolasi dirinya sempat bermimpi didatangi kedua orangtua dan neneknya. Namun demikian, hal itu justru membuat dirinya kuat dan bangkit. 

"Setelah kejadian itu saya merasa harus kuat. Alhamdulillah saya bisa melewati masa kritis," imbuhnya. 

3. Selalu berpikir positif

Jantung Sempat Bengkak, Cerita Walkot Malang Sembuh dari COVID-19Sutiaji melihat langsung kondisi gorong-gorong di kawasan Suhat, Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Lebih lanjut, Sutiaji menjelaskan bahwa salah satu kunci keberhasilannya melewati masa sulit adalah selalu berpikir positif. Meski sempat muncul kekhawatiran, dirinya kemudian berupaya mengubah ketakukan tersebut menjadi suntikan motivasi untuk bisa sembuh. Hal tersebut membuahkan hasil dan dirinya bisa menang melawan virus COVID-19. 

"Jadi bagi yang tahap penyembuhan jangan sampai memikirkan yang tidak-tidak. Selalu usahakan tetap ceria," sambungnya.  

4. Minum ramuan perkuat imun

Jantung Sempat Bengkak, Cerita Walkot Malang Sembuh dari COVID-19Sutiaji kembali berdinas pasca sembuh COVID-19. Dok/Humas Pemkot Malang

Selain dari pikiran, Sutiaji juga menyarankan kepada masyarakat untuk memperbanyak minum ramuan untuk memperkuat imun, termasuk juga minum ramuan probiotik untuk terapi penyembuhan.

"Kemarin saya juga melakukan hal tersebut. Alhamdulillah saya bisa melewati situasi sulit dan bisa kembali sembuh," pungkasnya. 

Baca Juga: Wali Kota Sutiaji Pastikan RSDL Malang Siap Dibuka Pekan Depan 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya