Jelang Libur Panjang, Dishub Cek Kesiapan Stasiun Kota Malang  

 Pantau penerapan protokol kesehatan

Malang, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Stasiun Kota Malang menjelang libur panjang. 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang. Mereka ingin memastikan kesiapan stasiun untuk melayani penumpang. Terlebih lagi di tengah pandemik COVID-19, fasilitas umum diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

1. Pastikan pelayanan sesuai standar protokol COVID-19

Jelang Libur Panjang, Dishub Cek Kesiapan Stasiun Kota Malang  Petugas memberikan face shield kepada penumpang di Stasiun Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Kabid Angkutan Dishub Kota Malang, Sony Bachtiar mengatakan, pihaknya memastikan kesiapan protokol kesehatan di stasiun. Salah satu yang disorot adalah penyediaan layanan rapid test bagi penumpang kereta api.

"Jika didapati ada penumpang yang hasil rapid test-nya reaktif, maka akan langsung dirujuk ke puskesmas dan tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Uang pembelian tiket akan dikembalikan 100 persen," kata Sony, Selasa (27/10/2020).

2. Siapkan ruang isolasi di dalam gerbong

Jelang Libur Panjang, Dishub Cek Kesiapan Stasiun Kota Malang  Posisi duduk penumpang di Stasiun Kota Malang dibatasi. IDN Times/Alfi Ramadana

Jika nonreaktif rapid test, penumpang boleh melanjutkan perjalanan. Sesuai aturan PT KAI, penumpang yang bepergian dengan kereta api jarak jauh akan mendapatkan face shield

Apabila di perjalanan ada penumpang yang mendadak suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celsius, dia akan diisolasi. Dalam satu rangkaian kereta api, PT KAI mempersiapkan gerbong yang khusus dipakai untuk mengisolasi pasien.

"Penerapan protokol kesehatan memang tidak hanya saat di stasiun. Tetapi juga saat di dalam kereta api juga dilakukan pemeriksaan kesehatan," tambah Sony. 

3. Ada penurunan jumlah penumpang kereta

Jelang Libur Panjang, Dishub Cek Kesiapan Stasiun Kota Malang  Pemeriksaan kepada penumpang sebelum masuk ke area peron stasiun. IDN Times/Alfi Ramadana

Sony melanjutkan, penumpang kereta api memang menurun saat pandemik. Apalagi ada pembatasan kapasitas angkut.

"Saat ini memang ada penurunan signifikan untuk penumpang. Sebelumnya saat normal penumpang yang bepergian di Stasiun Kota Malang mencapai 5 ribu, tetapi sekarang hanya berada di kisaran seribu orang saja," lanjutnya.

4. Akan lakukan pengecekan secara berkala

Jelang Libur Panjang, Dishub Cek Kesiapan Stasiun Kota Malang  satu penumpang saat menjalani rapid test sebelum naik kereta api. IDN Times/Alfi Ramadana

Selama long weekend nanti, Dishub Kota Malang akan memeriksa fasilitas angkutan publik secara berkala. Dishub siap berupaya untuk menahan laju angka kasus COVID-19 selama liburan.

"Nantinya kami juga berkoordinasi dengan Polresta Malang Kota dan pihak stasiun untuk pengamanan selama musim libur panjang," tandasnya. 

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya