Comscore Tracker

Kota Malang Bakal Mulai Sekolah Tatap Muka Pada 15 April 2021 

Siapkan skema khusus untuk sekolah tatap muka   

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang bakal memulai sekolah tatap muka pada 15 April 2021. Sebagai persiapan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang meminta sekolah untuk benar-benar menyiapkan protokol COVID-19. Hal itu sebagai upaya untuk menghindari adanya penularan kasus baru. 

1. Siapkan skema khusus

Kota Malang Bakal Mulai Sekolah Tatap Muka Pada 15 April 2021 Ilustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Suwarjana menjelaskan bahwa ada skema berbeda dari sekolah tatap muka ini. Salah satunya adalah pengaturan mulai kelas tatap muka untuk berbagai tingkatan pendidikan. 

''Untuk skemanya adalah SD kelas VI masuk mulai tanggal 15 April. Lali untuk kelas I sampai V dan SMP kelas VII dan VIII, mulai tanggal 19 April," urainya Rabu (14/4/2021).

2. Proses pembelajaran dilakukan secara bergantian

Kota Malang Bakal Mulai Sekolah Tatap Muka Pada 15 April 2021 ilustrasi kelas tatap muka di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/David Muharmansyah)

Lebih jauh, Suwarjana menambahkan bahwa proses pembelajaran tatap muka kembali itu akan diatur secara bergantian. Masing-masing kelas kemungkinan akan mendapat jatah masuk kelas langsung selama dua hari, setelah itu kembali menjalani klas daring.

Ia mencontohkan jika kelas VII akan masuk 100 persen, maka siswa kelas VIII akan melakukan belajar di rumah dengan sistem daring, dan begitu sebaliknya. Namun demikian, pihaknya memastikan protokol kesehatan tetap menjadi poin utama selama pembelajaran tatap muka secara langsung. 

"Untuk penggunaan kelas juga disesuaikan yakni jika kelas VII giliran masuk sekolah tatap muka maka tiap kelas berisi 50 persen. Setelah dua hari masuk, berikutnya ganti kelas VIII dengan skema yang sama," tambahnya. 

Baca Juga: Jombang Mulai Pembelajaran Tatap Muka, 20 Persen Masih Daring

3. Skema disiapkan untuk permudah guru

Kota Malang Bakal Mulai Sekolah Tatap Muka Pada 15 April 2021 Ilustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Suwarjana menilai bahwa skema tersebut dilakukan agar tidak mempersulit guru yang memberikan materi pelajaran. Skema masuk secara bergantian tersebut akan membuat guru lebih mudah menyampaikan materi. 

"Kalau semisal satu kelas dibagi dua, sebagian daring dan sebagian tatap muka, maka guru yang akan kesulitan menyamakan materi yang disampaikan," sambungnya. 

4. Minta orang tua antar jemput anaknya

Kota Malang Bakal Mulai Sekolah Tatap Muka Pada 15 April 2021 SMKN 4 Malang memiliki unit usaha hotel memanfaatkan kelas kosong yang tak terpakai. IDN Times/ Alfi Ramadana

Demi menjamin kemananan dan kelancaran sekolah tatap muka, Suwarjana juga meminta para orang tua harus antar jemput putra-putrinya ke sekolah. Untuk tahap awal skema sekolah tatap muka tersebut bakal dilakukan sekitar satu atau dua minggu. Jika berjalan sesuai rencana maka akan terus dilakukan. Namun jika ada sekolah yang teledor maka akan diberlakukan kembali kelas daring. 

"Untuk jam belajarnya mulai jam 07.30 sampai 11.30 WIB. Tidak ada jam istirahat. Saat ini, pihak sekolah sedang mendata, mana saja siswa yang ikut kelas daring dan tatap muka," sambungnya. 

Terlepas dari itu, ia menyebut masih ada orang tua yang belum merekomendasikan sekolah tatap muka. 

"Kalau dari sekolah, harus sudah memiliki alat pengukur suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer hingga tempat cuci tangan. Kami berharap, seluruh wali murid mengizinkan," tandasnya. 

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka di Kota Madiun, Terapkan Outdoor Learning

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya