Kota Malang Berharap Jadi Prioritas Vaksin COVID-19

Vaksin tersebut akan didistribusikan Desember mendatang

Malang, IDN Times - Kabar baik bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah berencana mulai mendistribusikan vaksin COVID-19. Rencananya, pendistribusian vaksin COVID-19 bakal mulai dilakukan pada medio Desember mendatang secara bertahap dengan mengedepankan wilayah prioritas. Kondisi tersebut disambut positif oleh Pemerintah Kota Malang dalam hal ini Satgas COVID-19. 

1. Berharap dapat prioritas vaksin

Kota Malang Berharap Jadi Prioritas Vaksin COVID-19Wali Kota Malang, Sutiaji memimpin langsung rapat koordinasi pembahasan aturan new normal. Dok/Humas Pemkot Malang

Juru bicara Satgas COVID-19 Kota Malang, Husnul Muarif menjelaskan bahwa vaksin akan mulai didistribusikan akhir tahun 2020. Setelah itu pendistribusian dilanjutkan pada tahun 2021 hingga 2022. Untuk tahap awal, pendistribusian bakal dilakukan secara cermat sesuai kebutuhan dan prioritas kasus saat ini. 

"Sejauh ini update untuk vaksin seperti itu. Kami tentu berharap bisa menjadi salah satu prioritas," terangnya Rabu (21/10/2020). 

2. Bakal sangat membantu penanganan COVID-19

Kota Malang Berharap Jadi Prioritas Vaksin COVID-19Jajaran pemerintah Kota Malang saat rapat koordinasi pembahasan penerapan aturan new normal. Dok/ Humas Pemkot Malang

Lebih jauh, jika nantinya Kota Malang mendapat prioritas vaksin, maka hal ini bakal menunjang upaya Pemkot Malang dalam penanganan COVID-19. Terlebih saat ini di Jawa Timur, Kota Malang merupakan salah satu wilayah yang sempat menjadi perhatian nasional.  

"Kalau misal nanti Kota Malang mendapat prioritas. Tentu harus ada kebijakan yang tepat dari kepala daerah untuk penggunaan vaksin tersebut," tambahnya. 

3. Lebih cepat menuju zona hijau

Kota Malang Berharap Jadi Prioritas Vaksin COVID-19Walikota Malang, Sutiaji saat melohat langsung proses rapid test di Pasar Induk Gadang. Dok/Humas Pemkot Malang

Di sisi lain, Wali Kota Malang, Sutiaji menambahkan jika vaksin COVID-19 sudah mulai didistribusikan, maka upaya Kota Malang untuk menjadi zona kuning, bahkan hijau bakal lebih cepat. Saat ini, Kota Malang masih berada di zona orange meski sudah kini semakin mendekati zona kuning. 

"Insya Allah dalam waktu dekat kami bisa menjadi zona kuning. Asal masyarakat benar-benar disiplin menerapkan protokol pencegahan COVID-19," katanya. 

Baca Juga: Deretan Inovasi RI untuk Atasi COVID, dari Vaksin hingga Alat Deteksi

4. Tak boleh lengah

Kota Malang Berharap Jadi Prioritas Vaksin COVID-19Warga bersama relawan melakukan penyemprotan di seluruh wilayah Kelurahan Mergosoni, Kota Malang. Dok/Humas Pemkot Malang

Namun demikian, Sutiaji meminta masyarakat untuk tidak lengah dengan progres positif Kota Malang. Pasalnya apa yang terjadi di Kota Malang saat ini juga berkat kedisplinan dari seluruh warga. Untuk itu, Sutiaji meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol COVID-19 agar Kota Malang bisa menjadi zona kuning bahkan hijau. 

"Harapan kami transmisi lokal di Kota Malang juga tidak terjadi lagi," pungkasnya. 

Baca Juga: 184 Negara Gabung ke COVAX untuk dapat Vaksin, Termasuk Indonesia?

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya