Comscore Tracker

Libur Panjang, Tak Ada Gerbong Tambahan dari Malang

Yakin kenaikan penumpang masih cukup terkendali 

Malang, IDN Times - Kepala Stasiun Kota Malang, Heru Suprapto mengatakan tak ada gerbong tambahan selama masa libur panjang hari mulai 28 Oktober nanti. Hal itu diungkapkan Heru saat ada sidak kesiapan Stasiun Kota Malang dari Dinas Perhubungan, Kota Malang, Selasa (27/10/2020). Penumpang yang akan pergi dari Stasiun Kota Malang diangkut oleh kereta reguler sesuai jadwal yang ada. 

1. Kereta tujuan Jakarta sudah penuh

Libur Panjang, Tak Ada Gerbong Tambahan dari MalangPemeriksaan kepada penumpang sebelum masuk ke area peron stasiun. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Heru menjelaskan bahwa saat ini untuk tiket yang sudah terjual habis adalah kereta tujuan ke Jakarta. Namun, Heru tak membeber secara detail sampai tanggal berapa tiket kereta menuju ibu kota telah habis.

Hanya saja, dirinya menerangkan bahwa tempat duduk yang boleh dimaksimalkan hanya 70 persen dari kapasitas total. Pembatasan tersebut dilakukan guna menerapkan physical distancing di dalam gerbong kereta selama perjalanan. 

"Alhamdulillah animo masyarakat pada saat libur panjang ini sangat luar biasa. Kami memprediksi bahwa puncaknya adalah pada 1 November atau saat arus baliknya," papar Kepala Stasiun Kota Malang, Heru Suprapto, Selasa (27/10/2020). 

2. Siapkan posko pelayanan penumpang

Libur Panjang, Tak Ada Gerbong Tambahan dari Malangsatu penumpang saat menjalani rapid test sebelum naik kereta api. IDN Times/Alfi Ramadana

Guna menunjang kelancaran arus penumpang selama masa pandemik, Stasiun Kota Malang bakal menyiapkan posko khusus untuk pelayanan penumpang. Heru juga memastikan bahwa seluruh jajaran pejabat di Stasiun Kota Malang tetap akan tersedia selama masa libur panjang. Hal itu guna antisipasi jika ada suatu hal yang memerlukan tindakan cepat. 

"Semua kepala dan wakil kepala stasiun dilarang libur pada saat angkutan panjang ini. Kami akan tetap masuk dan membantu kelancaran arus mudik dan balik selama libur panjang ini," imbuhnya. 

3. Sediakan 13 keberangkatan kereta

Libur Panjang, Tak Ada Gerbong Tambahan dari MalangPosisi duduk penumpang di Stasiun Kota Malang dibatasi. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara, untuk melayani permintaan perjalanan yang cukup tinggi, Stasiun Kota Malang menyiapkan 13 jadwal keberangkatan kereta. Jumlah tersebut terdiri dari 8 kereta lokal dan 5 kereta jarak jauh. Tidak ada penambahan gerbong selama libur panjang karena masih dalam situasi pandemik COVID-19. 

"Estimasi kami jumlah penumpang dalam hari-hari libur ini mencapai 1500 orang perhari," sambungnya

Baca Juga: Sidak ke Stasiun, Dishub Kota Malang Cek Kesiapan Jelang Long Weekend

4. Harap semua berjalan lancar

Libur Panjang, Tak Ada Gerbong Tambahan dari MalangDishub saat melakukan pengecekan rapid test di Stasiun Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, selama musim libur panjang ini, Heru berharap semua bisa berjalan lancar. Pasalnya, upaya pencegahan COVID-19 sudah dilakukan bahkan saat penumpang hendak masuk stasiun dan di dalam kereta api. 

"Kalau untuk penerapan protokol kesehatannya saat keberangkatan dan di dalam kereta sudah dilakukan dengan maksimal," tandasnya. 

Baca Juga: Bupati Mundjidah Imbau Warga Tak Pergi ke Zona Merah saat Long Weekend

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya