Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di Malang

Lebih murah ketimbang neon flip  

Malang, IDN Times - Sebagian orang mungkin belum terlaku familiar dengan lampu berbentuk selang tipis atau neon elwire. Selama ini orang lebih banyak mengenal sign LED dari bahan neon flip. Namun, nyatanya neon elwire juga bisa menghasilkan karya seni yang bagus.

Kini, tren sign LED Elwire sudah mulai dikembangkan oleh anak-anak muda sebagai hiasan dan bisa dibentuk sesuai desain. Hal itulah yang kini dikembangkan oleh Cahyo Yusuf Hermawan (26). Ketimbang menggunakan neon flip, Cahyo memilih beon elwire sebagai bahan dari karya seni yang ia buat lantaran harga yang lebih murah dengan kualitas bagus. Ia bahkan dirinya sudah memiliki brand sendiri yang bernama Byfabs.

1. Berawal dari coba-coba

Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di MalangCahyo Yusuf saat membuat custom neon sign LED elwire. IDN Times/Alfi Ramadana

Cahyo mengaku belum lama menggeluti kreasi costum sign LED elwire ini. Awalnya ia memulai usaha dengan menggarap dekorasi dinding. Tetapi apa yang ia buat tak terlalu mendapat tempat di pasaran lantaran harga yang mahal. Cahyo pun mencoba kreasi baru dengan membuat sign LED elwire. Hasilnya, karya yang ia buat mendapat respons positif dari pasar.

"Jadi karena wall decor sepi, saya kemudian mencoba usaha lain. Kemudian ketemu dengan kreasi sign LED elwire ini saat browsing. Kemudian saya coba bikin sendiri dan ternyata banyak yang suka," papar Cahyo, Sabtu (28/8/2021). 

Baca Juga: 5 Anime Mirip Neon Genesis Evangelion yang Wajib Kamu Tonton

2. Elwire lebih mudah dibentuk

Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di MalangNeon elwire lebih mudah dibentuk mengikuti desain yang diinginkan. IDN Times/Alfi Ramadana

Lebih jauh, Cahyo menjelaskan bawa neon Elwire jauh lebih mudah dibentuk daripada neon flip. Hal itu membuat dirinya lebih mudah mendapatkan detail dari costum sign LED yang dibuat. Elwire juga bisa digunakan untuk media yang lebih lecil ketimbang neon flip yang memerlukan lebih besar tempat. Hal itu membuat lebih banyak orang menyukainya lantaran costum sign LED elwire bisa menjadi hiasan di kamar mereka. 

"Sejauh ini memang kebanyakan pesanan yang datang lebih ke custom nmaa menggunakan LED elwire. Mereka yang pesan juga kebanyakan anak muda untuk hiasan kamar atau meja kerja," tambahnya. 

3. Proses pengerjaan cukup mudah

Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di MalangCustom sign LED elwire dengan desain nama sesuai keinginan. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk proses pengerjaan sediri menurut Cahyo tidak terlalu sulit. Pertama, tentu menentukan desain yang akan dibuat terlebih dahulu. Setelah desain jadi, kemudian dimal ke dasaran yakni berupa akrilik atau triplek. Akrilik atau triplek yang sudah ditempeli mal tersebut dipotong sesuai desain.

Lalu, pada setiap detail desain di akrilik dilubangi menggunakan bor. Baru setelah itu neon elwire mulai sesuai warna yang diinginkan dipasang sesuai dengan desain yang ada dan ditempelkan menggunakan lem.

Proses berikutnya adalah menyambungkan neon elwire yang sudah terpasang sesuai desain dengan kabel adaptor charger. Setelah itu dilakukan finishing dengan membersihkan sisa-sisa lem yang menempel serta merapikan desain dan custom sign LED elwire bisa dinyalakan.

Setidaknya ada sembilan warna pilihan neon elwire mulai dari merah, biru, biru muda, kuning, orange, merah muda, ungu dan beberapa warna lain yang bisa digunakan.  "Untuk ketahanannya, Elwire ini sangat lama bisa mencapai 30 ribu jam. Jadi sangat awet," sambungnya. 

4. Lebih murah dari neon flip

Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di MalangCahyo saat mengerjakan pesanan custom neon LED Elwire. IDN Times/Alfi Ramadana

Untuk harga pasaran kreasi costum design LED elwire yang ia buat masih cukup terjangkau. Untuk ukuran 20 cm x 25 cm ia membanderolnya Rp75 ribu. Sementara harga paling mahal sendiri kisaran Rp 250- 350 ribu, bergantung pada besaran ukuran serta kerumitan desain yang dibuat. Pemasarannya sendiri tidak hanya di Malang Raya saja, tetapi sudah mampu melayani hingga, Surabaya dan Banyuwangi. 

"Saya juga mengajak teman-teman sekitar untuk menggarap kalau lagi banyak pesanan. Sekaligus juga untuk tambah pengalaman dan pemasukan. Satu pesanan sendiri bisa selesai dalam waktu 2-3 hari," papar pemuda lulusan SMK otomotif tersebut. 

5. Kesulitan untuk suplai bahan

Mulai Ngetren, Mengintip Kreasi Unik Neon LED Elwire di MalangNeon LED elwire yang sudah jadi dan siap dipasarkan. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini, Cahyo menyebut bahwa kesulitan yang ia hadapi adalah mendapat bahan baku elwiredi Malang. Untuk mendapatkannya, ia bahkan harus memesan hingga ke Cirebon. Kondisi itu terkadang sedikit menghambat dirinya dalam mengerjakan pesanan. 

"Kalau pengerjaannya cepat karena semuanya juga kami komunikasikan dengan calon pembeli. Untuk bahan baku neon elwire yang di Malang belum ada," tandasnya. 

Baca Juga: Neon Box Trans Studio Mall Bali Terbakar Menjelang Mal Tutup

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya