Comscore Tracker

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka Lagi

Sudah sidak langsung ke lokasi 

Batu, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu sudah memberi lampu hijau untuk membuka kembali objek wisata Jatim Park 3. Pengelola Jatim Park 3 juga sudah memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk kembali buka.

Kelengkapan, serta standar protokol pencegahan COVID-19 seperti penyediaan tempat cuci tangan, pemberian hand sanitizer, hingga wastafel di tiap wahana sudah tersedia. Papan petunjuk untuk jaga jarak hingga menggunakan masker juga sudah terpasang di berbagai sudut wahana. 

1. Persilakan untuk beroperasi kembali

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka LagiUji coba kesiapan Jatim Park 3 jelang buka kembali di masa pandemi. IDN Times/ Alfi Ramadana

Melihat kesiapan tersebut, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menilai bahwa Jatim Park 3 sudah boleh kembali beroperasi. Bahkan, dirinya sudah melihat langsung kesiapan Jatim Park 3.

"Sudah kami lihat semua kelengkapan standar pencegahan COVID-19. Semuanya sudah bagus dan sesuai. Kalau memang akhir pekan ini bisa buka kenapa tidak. Jadi pemulihan ekonomi bisa segera dilakukan," jelasnya di lokasi, Rabu (15/7/2020). 

2. Gugus Tugas COVID-19 tetap memantau

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka LagiPengelola menggunakan APD saat memeriksa pengunjung yang akan masuk ke wahana. IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun memberi lampu hijau, bukan berarti Pemkot Batu akan lepas tangan begitu saja. Tim Gugus Tugas COVID-19 tetap akan memantau pelaksanaan standar pencegahan saat Jatim Park 3 dibuka. Hasil pantauan tersebut akan dijadikan bahan evaluasi. Seperti titik-titik mana saja yang masih belum maksimal menjalankan protokol pencegahan COVID-19. 

"Tim Gugus Tugas akan memantau secara langsung apakah pelaksanaan protokol COVID-19 saat dibuka nanti sudah sesuai dengan ketika simulasi," imbuh Dewanti. 

Baca Juga: Antisipasi Corona, Jatim Park Grup Bakal Tutup Selama Sebulan 

3. Secara bertahap akan diikuti tempat wisata lain

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka LagiPemeriksaan masuk area wisata diperketat untuk hindari klaster baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini belum semua tempat wisata di Kota Batu dibuka untuk umum. Baru Jatim Park 2, Predator Fun Park yang sudah beroperasi. Setelah Jatim Park 3, akan segera menyusul beberapa objek wisata yang akan dibuka lagi. 

"Kalau wisata alam, baru Coban Rais yang sudah buka. Lainnya juga kemungkinan akan segera menyusul, tetap dengan standar protokol pencegahan COVID-19," katanya. 

4. Kurangi jam operasional

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka LagiWakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso berfoto dengan patung lilin Presiden Joko Widodo usai sidak kesiapan Jatim Park 3. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Manager Marketing and Public Relationship Jatim Park Group Titik S. Ariyanto menyebut, Jatim Park 3 akan mulai dibuka pada 18 Juli 2020. Namun belum semua wahana yang akan dioperasikan. Wahana yang dibuka nantinya baru Dino Mall, Museum Musik Dunia, The Legend Star, dan Fun Tech Plaza.

Sementara untuk wahana lain seperti Millenials Glow Garden dan Dino Park masih belum beroperasi. Lalu untuk Fun Tech Plaza juga hanya akan buka untuk hari Sabtu dan Minggu saja. 


"Ada penyesuaian juga untuk jam operasional, yakni mulai pukul 11.00 sampai 19.00 WIB. Ada pengurangan tiga jam dari operasional normal," jelasnya.

5. Harga tiket turun

Penuhi Persyaratan, Wali Kota Batu Izinkan Jatim Park 3 Buka LagiJatim Park 3 sudah penuhi syarat untuk buka kembali. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain pengurangan jam operasional, harga tiket juga akan mengalami penyesuaian. Saat ini pengelola Jatim Park 3 masih mematangkan nominal harganya. Namun yang jelas, pengelola akan menurunkan harga dari sebelumnya.

"Saat ini kami masih membicarakan hal itu. Tetapi yang jelas kemungkinan harga tiketnya turun," ucap Titik. 

Baca Juga: Jatim Park Dibuka, Pengelola Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya