Rumah Sakit Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Pekan Depan  

Hanya tinggal finishing dan pembersihan   

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang, Sutiaji menjamin bahwa Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Ijen bakal mulai beroperasi pekan depan. Sutiaji meninjau langsung kesiapan rumah sakit tersebut, Senin (14/12/2020).

Secara keseluruhan proses renovasi sudah hampir selesai. Hanya tinggal menyelesaikan beberapa detail bagian bangunan dan membersihkan material sebelum digunakan untuk isolasi pasien COVID-19 dengan kondisi ringan hingga sedang. 

1. RSDL akan sangat membantu menakan angka COVID-19

Rumah Sakit Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Pekan Depan  Rumah sakit darurat lapangan sudah siap untuk beroperasi pekan depan. IDN Times/Alfi Ramadana

Sutiaji berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam upaya menyiapkan infrastruktur RSDL. Ia menyebutkan, proses renovasi sudah mencapai 98 persen. Beroperasinya RSDL bakal sangat berdampak signifikan dalam menekan penyebaran kasus COVID-19. Kapasitas 306 bed yang tersedia tentu bakal bisa mengurangi beban rumah sakit rujukan lainnya yang beberapa waktu terakhir kewalahan menangani pasien.

"Beroperasinya rumah sakit lapangan ini memang kami harapkan benar, karena jumlah kasus per kasus setiap harinya akhir-akhir ini mengalami lompatan yang cukup fluktuatif," tegas Sutiaji selepas meninjau rumah sakit tersebut.

2. Keluarkan edaran larangan wisuda luring

Rumah Sakit Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Pekan Depan  Ilustrasi Wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Sutiaji melanjutkan, beberapa hari terakhir memang terjadi lonjakan kasus di Kota Malang yang sangat tinggi. Dalam lima hari terakhir terdapat 241 kasus baru yang muncul karena beberapa faktor di Kota Malang. Mulai dari munculnya klaster instansi pemerintah, hingga transmisi lokal.

Oleh sebab itu, Pemkot Malang akan melakukan langkah pencegahan. Di antaranya mengeluarkan edaran tentang larangan wisuda luring dan memberlakukan work from home di beberapa instansi.

"Semua yang namanya wisuda kadang-kadang awalnya sesuai dengan protokol. Tetapi begitu sudah senang, protokol COVID-19 cenderung terabaikan," imbuh Sutiaji. 

Baca Juga: Kepala BNPB Pastikan Kesiapan Rumah Sakit Darurat Lapangan 

3. RSDL dilengkapi fasilitas yang akan membuat pasien nyaman

Rumah Sakit Darurat Lapangan Malang Mulai Beroperasi Pekan Depan  Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo saat meninjau RS lapangan Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Beberapa fasilitas tambahan juga disediakan di RSDL untuk mendukung, serta mempercepat proses penyembuhan bagi pasien yang menjalani karantina. Fasilitas tersebut antara lain televisi, karaoke, serta tersedia kafe selama 24 jam yang bisa dimanfaatkan pasien. 

"Televisi paling tidak agar bisa untuk lihat film, berita. Juga ada jogging track yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga. Mudah-mudahan ini bisa membantu menjaga imun pasien yang datang ke sini," sambungnya. 

Baca Juga: RS Rujukan COVID-19 di Malang Mulai Penuh, Khofifah Aktifkan RSDL

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya